Ingin Liburan Murah di Akhir Bulan, Ini Tipsnya

ilustrasi liburan Foto: Jabar Ekspres

JagatBisnis.com –  Liburan merupakan salah satu kata sakti yang dapat merubah suasana hati seseorang. Liburan dapat menjadi solusi bijak jika Anda merasa kurang produktif dalam menjalani aktivitas keseharian. Tidak perlu khawatir mengeluarkan banyak uang, karena Anda dapat liburan dengan hati yang senang dan dompet tetap aman.

Jika Anda memiliki rencana berlibur, Anda bisa melakukannya di akhir bulan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pikiran yang lebih fresh untuk mengawali kerja di bulan berikutnya. Namun yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan liburan, Anda tentunya harus mempersiapkan segala sesuatu sehingga liburan menjadi lancar dan menyenangkan.

Bagaimana caranya liburan murah di akhir bulan?

Berikut 5 tips yang bisa Anda terapkan.

1. Rencanakan ingin liburan seperti apa
Langkah pertama sebelum memutuskan berlibur adalah merencanakan ingin liburan seperti apa. Anda dapat membuat rencana mengenai destinasi yang ingin dituju, kapan waktunya, berapa lama ingin di sana, dan bersama siapa melakukannya.

Baca Juga :   Sambut Momen Gajian, tiket.com Berikan Promo Liburan Spektakuler  

Setelah mengetahui lokasinya, Anda dapat mencari tahu tempat wisata apa saja yang ada di sana. Jika sudah mendapatkan pilihan wisata, Anda dapat mencari informasi mengenai kuliner apa saja yang tersedia. Anda dapat melakukan survey melalui beberapa review yang ada di internet.

Selanjutnya, susun rencana perjalanan hari pertama hingga hari terakhir sesuai budget yang dimiliki. Usahakan untuk tidak memilih tujuan secara mendadak di hari H karena akan membuat waktu liburan terbuang sia-sia. Selain itu, hindari memilih terlalu banyak tujuan karena akan memakan lebih banyak energi dan biaya.

2. Hindari tanggal merah
Tips kedua yang dapat Anda lakukan adalah menghindari tanggal merah. Hal ini karena tempat wisata akan memberlakukan kenaikan tarif jika Anda datang pada masa-masa high season. Selain itu, tiket perjalanan dan tempat penginapan juga akan lebih mahal jika dibandingkan dengan hari biasa.

Baca Juga :   Luggage Trade-in Samsonite, Tukar Koper Lama sambil Menjaga Bumi

Tidak hanya soal pengeluaran yang lebih tinggi, pergi berlibur di tanggal merah juga dapat membuat Anda kurang menikmati masa-masa liburan. Hal ini karena terlalu banyak orang yang berada di tempat wisata dan bisa jadi Anda harus mengantre lama untuk sekadar masuk ke lokasi wisata.

3. Gunakan transportasi umum
Tips berikutnya adalah memanfaatkan transportasi umum. Anda dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta, bus, atau transportasi umum lainnya yang terdapat pada lokasi wisata tersebut. Jika lokasi antar wisata cukup dekat, Anda juga bisa berjalan kaki untuk lebih sehat.

Penggunaan transportasi umum juga dapat Anda masukkan dalam catatan rencana liburan. Anda dapat mencari tahu lebih dahulu rute dan jenis transportasi apa saja yang dapat digunakan selama melakukan liburan nantinya.

Baca Juga :   Polda Metro Tiadakan Aturan Ganjil-Genap selama Libur Lebaran

4. Pergi bersama teman
Tips liburan murah selanjutnya adalah pergi bersama teman untuk menghemat pengeluaran selama liburan. Ketika Anda pergi bersama teman, maka Anda dapat memangkas biaya travel, biaya tour guide, hingga biaya penginapan bersama partner liburan.

Namun yang perlu diperhatikan, Anda harus selektif dalam memilih teman liburan. Sebisa mungkin untuk memilih teman dengan pemikiran yang sejalan dan memiliki waktu fleksibel.

Hal ini karena selama pergi liburan, pasti akan ada kejadian tidak terduga yang terjadi, bahkan dapat mempengaruhi rencana yang selama ini sudah dibuat. Jangan sampai niat ingin hemat malah membuat liburan menjadi momen yang tak nikmat.

5. Cari promo penginapan
Tips liburan murah yang terakhir adalah mencari promo penginapan melalui aplikasi penyedia layanan perjalanan dan penginapan. (pia)

MIXADVERT JASAPRO