BSI Siap Dukung Pelaksanaan Festival Sandeq 2022

JagatBisnis.com –  PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) sebagai salah satu lembaga keuangan terkemuka menyatakan siap mendukung pelaksanaan Festival Sandeq 2022. Support ini akan sangat membantu upaya menyukseskan kegiatan tersebut yang merupakan kebanggaan masyarakat Sulawesi Barat (Sulbar). Rencananya kegiatan tersebut akan digelar akhir tahun ini di Mamuju, Sulbar.

“Secara keseluruhan, kami siap mendukung pelaksanaan Festival Sandeq 2022 dan juga membangun kerjasama strategis khususnya di bidang ekonomi syariah dengan Pemprov Sulbar yang saat ini dipimpin Gubernur Sulbar Akmal Malik,” kata Komisaris Independen BSI Arief Rosyid Hasan saat bertemu Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik di Jakarta, Senin (25/7/2022) malam.

Sementara itu, Akmal Malik menambahkan, kegiatan festival itu
rencananya akan diikuti sekitar 34 perahu Sandeq dan akan berlayar mengarungi selat Makassar. Sebanyak 34 perahu Sandeq merupakan simbol jumlah provinsi di Indonesia dan merupakan wujud kalau Indonesia mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara.

Baca Juga :   BSI Resmikan UMKM Center Kedua di Yogyakarta

“Dalam festival tersebut, perahu akan mengambil rute dari Mamuju, Sulbar menuju Ibu Kota Negara (IKN). Pembukaan festival perahu tercepat di dunia tanpa mesin diagendakan pada awal September 2022,” ucapnya.

Baca Juga :   BSI Berkolaborasi dengan Bank-Bank di Uni Emirat Arab

Menurut dia, simbolisasi dukungan 34 provinsi untuk pembangunan IKN itu dibungkus dengan budaya mandar melalui Festival Sandeq. Kearifan lokal budaya Mandar sangat bagus sebagai simbol hubungan Indonesia terhadap IKN.

“Event sandeq race pada festival ini akan diikuti 34 peserta dengan rincian 20 Sandeq lomba, 10 Sandeq pallarung dan 4 Sandeq parroppong. Ada enam etape yang dilalui mulai dari Tanjung Silopo di Polman hingga finis di Balikpapan Super Blok (BSB) di Balikpapan, Kalimantan Timur dengan membelah Selat Makassar,” papar Akmal.

Baca Juga :   Kaum Milenial Dirangkul Menjadi Sahabat Bank Syariah

Dia menerangkan, untuk menjamin kesalamatan peserta, pihak panitia pelaksana akan berkoordinasi dengan Angkatan Laut (AL) RI untuk menyiapkan dua kapal mengawal pada Pa’sandeq ketika melintasi Selat Makassar. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO