Verstappen Juarai GP Prancis

Pebalap Red Bull Max Verstappen

JagatBisnis.com –  Pebalap Red Bull Max Verstappen keluar sebagai juara Formula 1 GP Prancis 2022 yang berlangsung di Sirkuit Paul Richard, Minggu (24/7/2022) malam WIB.

Verstappen tampil dominan setelah pebalap Ferrari Charles Leclerc gagal finis, dengan Mercedes menguasai posisi 2-3.

Leclerc yang menempati pole position alias start terdepan langsung terlibat pertarungan sengit dengan Verstappen yang memulai balapan dari posisi kedua. Namun, pertarungan ketat itu hanya berlangsung hingga lap ke-17, kala Leclerc melintir dari lintasan dan menabrak dinding. Pebalap Monako itu tak bisa melanjutkan balapan dan Verstappen pun mengambil alih posisi terdepan.

Baca Juga :   Hamilton Samai Rekor Tujuh Titel Schumacher

Sejak saat itu, Verstappen tak mengalami tantangan serius hingga finis. Ia merebut kemenangan ketujuh dari 12 balapan di Formula 1 musim ini.

Baca Juga :   Formula 1 Ubah Waktu Start Balapan

Tim Mercedes mengamankan podium kedua dan ketiga, dengan Lewis Hamilton finis di belakang Verstappen disusul George Russell. Rekan satu tim Verstappen, Sergio Perez, menuntaskan balapan di urutan keempat dan Ferrari memastikan pulang dengan 10 poin setelah Carlos Sainz Jr mampu finis kelima.

Baca Juga :   Honda Mundur dari Balap F1 Akhir Musim Depan

Fernando Alonso (Alpine), Lando Norris (McLaren), dan Esteban Ocon (Alpine) mengisi posisi 6-8. Daniel Ricciardo (McLaren) dan Lance Stroll (Aston Martin) melengkapi 10 besar.

Kemenangan di GP Prancis memperlebar selisih Verstappen atas Leclerc di klasemen pebalap sementara. Ia kini unggul 63 poin dengan 10 balapan tersisa. (pia)

MIXADVERT JASAPRO