Kemendagri: ASN Perlu Bentuk Karakter Kepemimpinan

JagatBisnis.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) harus membangun dan mengasah jiwa kepemimpinan. Karena kepemimpinan menentukan arah organisasi yang adaptif dengan situasi dan kondisi ke depan.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri Sugeng Hariyono mengungkapkan, pejabat administrator dan pengawas harus selalu mempunyai passion untuk belajar dalam rangka meningkatkan kualitas dan kompetensi. Selain itu, diklat kepemimpinan diharap bukan hanya sebagai pemenuhan syarat jabatan. Diklat kepemimpinan harus berdampak baik terhadap individu atau organisasi.

Baca Juga :   Perkuat Fintech, Kemendagri Upayakan Penerapan Digital ID

“Namun, yang jauh lebih penting adalah bagaimana outcome, benefit, dan impact-nya. Baik bagi diri para peserta sebagai individu maupun pemimpin organisasi,” tegas dia, Senin (25/7/2022).

Untuk itu, lanjut dia, pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan 2 dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan 1, serta pelatihan Damkar Kualifikasi Pemadam 1 Angkatan 1 dilaksanakan. Kegiatan itu berlangsung di Aula Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Regional Bandung, Kiarapayung, Kecamatan Jatinangor, Sumedang, Jumat (22/7/2022) lalu.

Baca Juga :   Data SIM Card Bocor, Ini Kata Kemendagri

“Kegiatan ini sangat tepat yang dapat menjadi trigger dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO