Sharp Greenerator Gaungkan Eco Tourism di Gunung Gede

JagatBisnis.com – Sampah plastik di destinasi wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Cianjur Jawa Barat banyak sekali dijumpai. Tiap tahunnya lebih dari berton-ton sampah diangkut dari jalur
pendakian Gunung Gede-Pangrango. Melihat permasalahan tersebut, Sharp Greenerator selaku komunitas muda pecinta lingkungan binaan Sharp Indonesia menginisiasikan kampanye Eco-Tourism di TNGGP, pada Sabtu (16/7/2022) dan Minggu (17/7/2022) lalu. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menjaga kelestarian bumi sebagai campaignnya ‘Teenager Save
Nature’ yang digagas sebagai rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5
Juni 2022 silam.

“Permasalahan sampah ini tidak akan tuntas, jika tingkat masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya masih rendah. Karena kami memiliki visi dan misi meningkatkan kesadaran masyarakat akan kegiatan pelestarian lingkungan, kami pun melakukan kolaborasi dengan Transformasi Hijau (Trashi) dan Sukarelawan Montana melakukan kontribusi nyata yaitu ‘Mountain Cleaning,” Sr. PR & Brand Communication PT Sharp Electronics Indonesia (SEID), Pandu Setio dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Dia menjelaskan, Mountain Cleaning merupakan upaya kegiatan pembersih serta pengamatan tumbuhan dan binatang endemik. Selain itu, para
anggota komunitas berusia belia ini mengimplementasikan edukasi mengenai ‘Zero Plastic Waste’ di pintu registrasi pendakian TNGGP. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran pengunjung untuk mengurangi pencemaran lingkungan dengan membuang sampah sembarangan hingga memetik tumbuhan dan melukai satwa di area taman nasional.
“Inovatif dan informatif dalam menyampaikan pesan, anak-anak ini dengan berani memberikan edukasi mengenai Eco-Tourism dan dampak sampah plastik di wilayah konservasi. Pada akhir sesi, mereka membagikan Eco-Friendly Totebag yang dapat digunakan wisatawan untuk menampung sampah pada saat pendakian, dan dapat dibuang setelah sampai di pintu gerbang, yang terletak di kaki Gunung Gede-Pangrango,” terang Pandu.

Baca Juga :   Sharp Luncurkan Smartphone dengan Fitur NFC Sasar Pasar Entry-Level

Pihaknya berharap, melalui program semacam ini, semakin banyak anak-anak muda yang peduli lingkungan dan membantu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan kegiatan pelestarian lingkungan. Apalagi, antusias anak-anak ini untuk melakukan kontribusi nyata sangat luar biasa, dan harus di apresiasi. Karena membangun semangat peduli lingkungan sejak usia muda tidaklah mudah.

Baca Juga :   Sharp Fasilitasi Pengungsi Semeru Sarana Kesehatan dan Kebersihan

“Semangat pantang menyerah yang diperlihatkan mereka perlihatkan merupakan hasil pendampingan kami yang hampir 7 tahun membangun komunitas ini. Berdiri sejak 2015, kini generasi muda itu memiliki puluhan anggota yang tersebar di jabodetabek. Komunitas ini setiap tahunnya rutin mengadakan bootcamp, pelatihan keterampilan, dan juga perekrutan anggota baru,” tutup Pandu. (eva)

MIXADVERT JASAPRO