BAZNAS Bangun 340 Hunian Sementara untuk Penyintas Erupsi Gunung Semeru

JagatBisnis.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI membangun 340 hunian sementara untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Pembangunan huntara itu ditandai dengan peletakan batu pertama, yang berada di Kawasan Relokasi Bumi Semeru Damai (BSD), Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, pada Senin (18/7).

“Saya mewakili BAZNAS RI hari ini, diberikan kelancaran sampai di tempat ini untuk melaksanakan babak awal dari program kami untuk melanjutkan pembangunan huntara,” kata Deputi II BAZNAS RI, Dr. H. M. Imdadun Rahmat, M.Si, dalam kegiatan Peletakan Batu Pertama Pembangunan 340 Unit Huntara di Candipuro.

Imdadun menambahkan, BAZNAS merupakan lembaga yang bertugas sebagai pelaksana atau penyambung amanah dari para muzaki atau donatur untuk menyalurkan infak dan sedekahnya. Maka, melalui donasi yang disalurkan para muzaki, bantuan ini diberikan kepada warga terdampak erupsi Semeru yang membutuhkan bantuan.

Baca Juga :   Beras Zakat Fitrah BAZNAS Sampai di Pelosok Tanah Dayak Kalimantan Tengah

“Sebagai badan amil zakat negara, kami akan terus menjalankan amanat sebaik-baiknya dari para muzaki, agar zakat yang dititipkan kepada kami betul-betul bermanfaat bagi penerima, dan memberikan dampak nyata perbaikan hidup dalam mengatasi masalah kebutuhan primer, hingga zakat itu benar-benar bisa dikembangkan menjadi program produktif yang berjangka panjang untuk masyarakat,” katanya.

Menurutnya, sejak erupsi yang terjadi pada awal Desember lalu, BAZNAS langsung menerjunkan tim untuk memberikan aksi pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat sekitar Gunung Semeru, seperti evakuasi, pelayanan dapur umum, dapur air, pelayanan kesehatan psikososial, dan lainnya.

Baca Juga :   BAZNAS Salurkan Paket Peti Pemulasaraan Jenazah Pasien Covid-19

“Karena yang menjadi fokus BAZNAS adalah bagaimana membangkitkan masyarakat terdampak erupsi agar bisa bangkit seperti semula. Kemudian yang terkini, BAZNAS ingin mengembalikan kehidupan masyarakat agar kembali normal, salah satunya melalui pembangunan huntara ini,” katanya.

Imdadun berharap, bantuan dalam bentuk huntara ini dapat memberikan manfaat dan kemaslahatan masyarakat penyintas erupsi Gunung Semeru. “Semoga bantuan ini menjadi daya ungkit untuk mengembalikan kehidupan normal bagi para korban bencana dan lebih jauh dari itu, yakni bisa meningkatkan taraf kehidupannya,” harapnya.

Baca Juga :   BAZNAS Kembali Raih Sertifikasi Covid Secure

Pada kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Lumajang, Basuni menyampaikan, bahwa pihaknya berterima kasih kepada BAZNAS RI, yang telah memberikan bantuan huntara untuk masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Mudah-mudahan bantuan 340 Huntara yang akan dibangun di kawasan relokasi ini, bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat penyintas Gunung Semeru,” harapnya.

Ia menambahkan, bahwa Pemkab Lumajang setiap menerima bantuan untuk pembangunan Huntara, pihaknya pasti akan segera diserahkan kepada BAZNAS yang kemudian disalurkan ke masyarakat dalam bentuk pembangunan huntara dan fasilitas yang ada di kawasan relokasi.(jbo)

MIXADVERT JASAPRO