Pembangunan IKN Nusantara Diawasi Konsultan Jepang

JagatBisnis.com –  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melibatkan konsultan dari Jepang, Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Karena, pemerintah belum memiliki pengalaman dalam membangun sebuah kota. Sehingga diperlukan kerjasama dengan pihak lain.

Baca Juga :   Bereskan 150 Titik Perlintasan Sebidang KA di Jalan Nasional Butuh Biaya Rp22,5 Triliun

“Kami nanti akan menjadi konsultan untuk pengawas dan kontrol seluruh bangunan. Jadi, kami hanya melakukan quality control. Kehadiran JICA nantinya juga bakal menjadi pengawas pada pembangunan IKN Nusantara. Sehingga tugas kami nantinya akan dibantu oleh JICA dalam melakukan pengawasan pembangunan IKN Nusantara,” kata Direktur Jendral Cipta Karya (CK) PUPR, Diana Kusumastuti, Senin (18/7/2022).

Menurut Diana, pembangunan yang bakal dilakukan dalam waktu dekat adalah kantor istana Wakil Presiden. Hal tersebut mengingat saat ini sudah ditemukan pemenang sayembara konsep pembangunan gedung tersebut. Meski demikian pembangunan yang dilakukan dengan konsep sayembara nantinya bakal digabungkan. Misalnya, pada sayembara konsep pembangunan istana Wakil Presiden yang mendapatkan 2 juara, nantinya akan gabung dalam realisasi pembangunannya.

Baca Juga :   Bendungan Disewakan kepada Swasta untuk Pemanfaatan EBT

“Masalah drainase, untuk perkotaan dan kawasan, kemarin kita sudah konsultasikan kepada ahli yang memahami masalah drainase,” imbuhnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO