Revitalisasi TMII, Pemerintah Guyur Rp50 Miliar

JagatBisnis.com-Setidaknya ada 19 anjungan setiap provinsi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang direvitalisasi oleh pemerintah pusat. Karena kerusakan yang cukup parah, seperti Anjungan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Untuk itu, pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp45 miliar hingga Rp50 miliar untuk renovasi anjungan provinsi tersebut.

“Dana itu didapat selain dari APBD, juga dana dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan yang ada di daerah masing-masing daerah. Biayanya bervariasi mulai Rp100 juta sampai Rp2 miliar,” kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, saat meninjau revitalisasi TMII di Jakarta Timur, Minggu (17/7/2022).

Dia menjelaskan, ada juga provinsi di Indonesia yang belum mendapatkan anjungan di TMII, seperti Kalimantan Utara dan provinsi baru Bangka Belitung. Maka, pihak TMII akan memikirkan tambahan terkait pembangunan anjungan tersebut. Apalagi, pihaknya sudah membuat laporan setiap anjungan kepada setiap gubernur provinsi, yang nantinya akan dirapatkan terkait design anjungan yang terintegrasi konsep pemerintah pusat.

“Nanti kami akan berkoordinasi supaya memiliki lahan. Ada juga lahan untuk lokasi bersama, seperti provinsi baru Bangka Belitung, dan lain-lain,” tegasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO