Ratusan Polisi Diterjunkan untuk Amankan Pelantikan Pj Gubernur Aceh

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy

JagatBisnis.com –   Sekitar 560 personel polisi bakal dikerahkan untuk menjaga pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Aceh di Gedung DPR Aceh, Banda Aceh, Rabu besok (6/7/2022). Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan hadir dan melakukan pelantikan Pj Gubernur Aceh tersebut.

“Penjabat Gubernur Aceh akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian di Gedung DPR Aceh di Banda Aceh pada Rabu,” kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Polisi Winardy di Banda Aceh, Selasa (5/7/2022).

Sosok yang akan dilantik sebagai Pj Gubernur Aceh adalah Mayjen TNI (Purn) Achmad Marzuki. Pelantikan ini menyusul berakhirnya masa jabatan Gubernur Aceh periode 2017-2022. Pj Gubernur yang dilantik mengisi kekosongan jabatan kepala daerah tingkat provinsi tersebut hingga pelantikan gubernur terpilih pada Pilkada 2024.

Winardi menjelaskan, ratusan personel polisi tersebut ditempatkan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Pengamanan berlangsung secara terbuka maupun tertutup.

Pengamanan menyasar setiap rangkaian kegiatan, dengan pengamanan VVIP. Sejak kedatangan Mendagri hingga pelantikan Pj Gubernur Aceh tuntas.

Pengamanan juga meliputi jalur-jalur yang dilewati pejabat. Kemudian pengamanan lokasi, termasuk sterilisasi serta pintu pemeriksaan keamanan di Gedung DPR Aceh.

“Polda Aceh akan maksimalkan pengamanan selama pelantikan Penjabat Gubernur berlangsung. Polda Aceh juga menggelar apel pasukan untuk memastikan kesiapan pengamanan sehari sebelum pelantikan,” tegas Winardy. (pia)

MIXADVERT JASAPRO