Diterjang Gelombang Tinggi, 2 Wisatawan Tenggelam di Pantai Drini

JagatBisnis.com –  Dua orang wisatawan tenggelam diterjang gelombang tinggi di Pantai Drini Kapanewon Tanjungsari Gunungkidul, Minggu (3/7/2022) petang. Seorang berhasil dievakuasi oleh Petugas SAR Pantai Drini dan seorang lagi kini masih dalam pencarian karena hilang ditelan gelombang.

Kasi Humas Polres Gunungkidul, AKP Suryanto menuturkan peristiwa nahas tersebut terjadi hari Minggu (3/7/2022) petang sekira pukul 17.00 WIB. Saat itu, Pantai Drini tengah dipadati oleh pengunjung sejak pagi hari. Petugas SAR sibuk melakukan pengawasan dan berkali-kali memberikan imbauan.

“Petugas sudah berkali-kali mengimbau kepada wisatawan agar jangan terlalu ke tengah main air,” terang dia, Minggu malam.

Baca Juga :   Pemuda ini Meninggal Dunia Usai Jatuh ke Laut

Menjelang petang, gelombang di pantai Drini memang terlihat mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pantai Drini merupakan pantai yang cukup rawan karena seringkali terjadi gelombang tinggi, air bisa langsung masuk sampai area warung milik nelayan setempat.

Dan petang itu, petugas SAR sibuk menghalau wisatawan untuk tidak mandi terlalu ke tengah karena berbahaya. Namun nampaknya upaya TIm Sar melakukan tersebut tidak terlalu digubris sebagian wisatawan. Karena masih ada beberapa wisatawan yang tetap nekat mandi di laut.

Baca Juga :   Jasad Nelayan yang Terseret Gelombang di Perairan Cianjur Akhirnya Ditemukan

“Ada yang ngeyel, termasuk rombongan korban. Mereka justru berfoto-foto di area berbahaya,” tutur dia.

Saat itu, rombongan korban yang berasal dari Sukoharjo Jawa Tengah terlihat justru berfoto di area yang berbahaya, di sebelah timur pintu masuk kapal. Petugas SAR sudah memperingatkannya untuk segera menghindar, namun mereka tetap nekat.

Benar saja, saat berfoto bersama, tiba-tiba datang gelombang cukup tinggi menghantam mereka. Wisatawan yang tidak siap langsung terjerembab dan sebagian terbawa arus. Dua wisatawan terbawa arus ke tengah dan ada yang langsung hilang.

Baca Juga :   Niat Menolong, 3 Remaja di Riau Ikut Tenggelam

“Petugas SAR ada yang mengetahuinya langsung memburu mereka dan berusaha mengevakuasi,”terang dia.

Petugas SAR kemudian melakukan upaya penyelematan dengan melempar ban pelampung. Mereka berhasil mengevakuasi Rini Hastuti (40) warga Jati Kwarasan 01/ 01 Kwarasan Grogol Sukoharjo Jateng ke daratan. Namun nahas nyawa Rini tidak berhasil diselamatkan akibat meminum air terlalu banyak.

Sementara satu korban lagi, Fajar Budi Prakoso (25) warga Candi 04/011 Cemani Grogol Sukoharjo Jateng hilang ditelan gelombang. HIngga Minggu malam, petugas masih terus berusaha melakukan pencarian. (pia)

MIXADVERT JASAPRO