BRI Salurkan KUR ke 10,7 Juta UMKM, Target Serap 32,1 Juta Lapangan Kerja

JagatBisnis.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memperkirakan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dapat menyerap 32,1 juta lapangan kerja.
Prediksi tersebut berdasarkan hasil riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bertajuk Dampak Ekonomi dan Sosial Penyaluran KUR di Masa Pandemi. Salah satu poin dalam riset tersebut menemukan akses KUR berpotensi meningkatkan penyerapan tenaga kerja sebanyak rata-rata 3 orang.

“Saat ini pihaknya memiliki 10,7 juta nasabah existing KUR dari segmen KUR Super Mikro, KUR Mikro, dan KUR Kecil. Dari penyaluran KUR terhadap 10,7 juta nasabah tersebut diestimasi dapat menyerap 32,1 juta lapangan kerja di seluruh Indonesia,” kata Direktur Utama BRI Sunarso, Selasa (5/7/2022).

Dia menjelaskan, penyaluran KUR untuk periode Januari-Mei 2022 sebesar Rp104,5 triliun kepada 2,7 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Itu berarti, pihaknya telah mencapai 41,12 persen dari target penyaluran KUR yang diberikan pemerintah sepanjang 2022 yang sebesar Rp254,1 triliun. Mayoritas penyaluran KUR ini didominasi sektor produksi sebesar 57,38 persen.

Baca Juga :   Permudah Transaksi Nasabah Kawasan ASEAN, BRI Pacu Penggunaan QR Cross Border

“Melihat capaian itu, maka kami optimistis tahun ini penyaluran KUR sesuai dengan target yang diberikan oleh pemerintah. Makanya, kami telah memiliki strategi, yaitu penyaluran KUR di tahun 2022 akan tetap pada selective growth yang selaras dengan strategi penyaluran kredit secara umum. Selain itu, kami akan memanfaatkan hyperlocal ecosystem dengan fokus pada ekosistem desa, pasar kelompok usaha dan komoditas tertentu serta terus melakukan pemberdayaan melalui digitalisasi, yakni dengan platform PARI, Localoka dan pasar.id,” ungkapnya.

Baca Juga :   BRI Jadi Bank Terbaik di Indonesia

Dengan demikian, lanjut dia, upaya pihaknya untuk menyejahterakan rakyat dengan memberikan pekerjaan melalui pembiayaan KUR UMKM ini dapat tercapai. Karena cara terbaik menyejahterakan rakyat dengan memberi pekerjaan. Maka, melalui pemberdayaan UMKM salah satunya penyaluran KUR adalah meningkatkan penyerapan tenaga kerja Indonesia.

Baca Juga :   Kuartal I-2022, Penyaluran Kredit BRI Tumbuh 7,4 Persen

“Jadi, bagaimana kita tetap menjaga negara bisa men-deliver kesejahteraan kepada rakyat,” tegas Sunarso. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO