Pemprov DKI Lepas 865 Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan dan Daging Kurban

JagatBisnis.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan 865 petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban menjelang Hari Raya Idul Adha. Sebanyak 865 petugas dilepas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, akhir pekan lalu. Para tenaga pemeriksa kesehatan hewan itu akan bertugas memastikan benar-benar agar hewan yang terjangkit PMK tidak terdistribusi sebagai hewan kurban Petugas itu terdiri dari Petugas Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, petugas dari Sudin KPKP tiap wilayah, serta kolaborasi dari berbagai pihak lainnya.

Baca Juga :   Pemprov DKI Bakal Luncurkan Sistem Integrasi Pembayaran Transportasi Umum

“Pelaksanaan Iduladha tahun ini dibayang-bayangi munculnya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang juga menular secara cepat seperti Covid-19. Sehingga, diperlukan langkah-langkah dan tindakan untuk proses pengamanan,” ungkap Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan dikutip, Senin (4/7/2022).

Anies menjelaskan, pihaknya mendapat bantuan tenaga pemeriksa dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB sebanyak 60 orang. Selain itu, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jakarta sebanyak 84 orang, petugas Kementerian Pertanian 15 orang, serta Juru Sembelih Halal (JULEHA) 60 orang.

Baca Juga :   Pemprov DKI Batal Terapkan Terkait Pemisahan Wanita-Pria dalam Angkot

“Pelepasan petugas ini bertujuan untuk memastikan pengendalian dan penanggulangan PMK di Jakarta berjalan dengan baik. di antaranya, Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE), pemeriksaan dan pengobatan di sentra ternak/penampungan hewan kurban, rapat koordinasi lintas sektoral, pengawasan lalu lintas hewan di lokasi check point Kalimalang dan sosialisasi melalui infografis,” ucapnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO