5 Bahasa Daerah di NTT Bakal Direvitalisasi

JagatBisnis.com – Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan satu dari 12 provinsi yang menjadi target revitalisasi bahasa Daerah, pada 2022 ini. Dalam program Merdeka Belajar Revitalisasi Bahasa Daerah di Nusa Tenggara Timur, disebutkan ada 5 bahasa daerah di 11 kabupaten kota di NTT yang akan menjadi fokus revitalisasi di tahun ini. Kelima bahasa tersebut adalah: bahasa Dawan, bahasa Manggarai, bahasa Kambera, bahasa Rote, dan bahasa Abui.

Baca Juga :   Masyarakat NTT Perlu Diedukasi Karena Akan Pakai TV Digital

Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), M. Abdul Khak, mengatakan, NYT merupakan provinsi ketiga di Indonesia dengan jumlah bahasa daerah terbanyak. Dari 718 bahasa daerah yang ada di Indonesia, 72 di antaranya berasal dari NTT. Jadi, secara alamiah satu per satu bahasa daerah di dunia akan mati.

“Revitalisasi ini, merupakan upaya untuk mencegah agar bahasa-bahasa daerah tidak punah terlalu cepat. Sehingga nilai-nilai kebahasaan tersebut masih dapat diketahui dan digunakan oleh generasi berikutnya,” katanya, seperti dikutip Selasa (28/6/2022).

Baca Juga :   Percepat Transformasi Digital, 4 Ribu BTS Dibangun Wilayah 3T

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Nusa Tenggara Timur, Elis Setiati, mengatakan, rapat koordinasi dilakukan untuk menggalang dukungan dan komitmen dari pemerintah daerah terkait pelaksanaan revitalisasi bahasa daerah secara berkesinambungan.

Baca Juga :   BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami di NTT

“Ini merupakan langkah pertama dalam upaya pelestarian dan pengembangan bahasa-bahasa daerah di NTT, tahap selanjutnya dapat dilaksanakan dengan bergotong royong dan berkelanjutan,” imbuhnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO