Memanas, AS Akan Beri Ukraina Sistem Persenjataan Baru

Pekerja membongkar kiriman bantuan militer dari Serikat kepada Ukraina, di Bandara Internasional Boryspil, Ukraina, Selasa (25/1/2022).

JagatBisnis.com –  Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan mengumumkan pembelian sistem pertahanan rudal permukaan-ke-udara jarak menengah, hingga jarak jauh untuk Ukraina pada pekan ini.

Informasi ini diungkap oleh seorang sumber yang mengetahui perihal tersebut kepada Reuters, Minggu (26/5/2022).

Washington juga diperkirakan akan mengumumkan bantuan keamanan lain yang akan diberikan kepada Kiev. Bantuan ini meliputi amunisi artileri tambahan dan radar counter-battery untuk memenuhi kebutuhan militer Ukraina.

Baca Juga :   Jerman: Bantuan Senjata untuk Ukraina Telah Mencapai Batas

Radar canggih counter-battery adalah sebuah radar yang mendeteksi proyektil artileri yang ditembakkan oleh satu atau lebih senjata.

Ini merupakan paket bantuan terbaru yang akan diberikan Amerika Serikat kepada Ukraina sejak Rusia melancarkan invasinya pada Februari lalu.

Baca Juga :   Minta Putin Akhiri Pemblokiran Instagram dan Facebook, Pejabat Rusia Dipecat

Bulan ini, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyetujui upaya untuk memberikan bantuan militer bagi Ukraina senilai USD 700 juta (Rp 10 triliun).

Bantuan itu termasuk sistem roket canggih yang dapat menyerang sasaran jarak jauh, amunisi, radar counter fire, radar pengawasan udara, rudal anti-tank Javelin tambahan, serta senjata anti-tank.

Baca Juga :   Rusia Dituding Jadi Penyebab Meroketnya Inflasi di AS

Sementara itu, upaya AS untuk untuk menjual empat drone besar yang dapat dipersenjatai ke Ukraina dihentikan awal bulan ini. Sebab, muncul kekhawatiran radar dan peralatan pengawasan mereka dapat menciptakan risiko keamanan bagi AS jika jatuh ke tangan Rusia.(pia)

MIXADVERT JASAPRO