Bareskrim Minta Pendapat Ahli, Usut Meme Stupa Mirip Jokowi

JagatBisnis.com –  Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri bakal meminta keterangan saksi ahli, terkait meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip dengan Presiden Joko Widodo . Akun Twitter @KMRTRoySuryo2 diketahui ikut mengunggah foto editan tersebut. Karena foto stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi yang beredar di media sosial itu ramai diperbincangkan netizen. Polri pun langsung mengusut siapa pembuat meme tersebut.

Baca Juga :   Kasus Viral Blast, Total Uang yang Disita Rp23 Miliar

“Sampai saat ini penyidik Dittipidsiber masih terus melakukan penyelidikan, di antaranya meminta keterangan para saksi ahli dan saksi-saksi lainnya. Karena kami juga sedang mendalami kasus ini, jadi proses pengusutan sedang dilakukan,” kata Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Gatot Repli Handoko , Senin (27/6/2022).

Gatot mengaku, pihaknya belum dapat membeberkan siapa saja saksi yang diperiksa. Akun Twitter Roy Suryo @KMRTRoySuryo2 turut dilaporkan karena ikut mengunggah foto stupa tersebut. Pihaknya juga belum menjelaskan detail dugaan awal siapa pembuat foto itu. Untuk itu, semua pihak harus bijak dalam menggunakan media sosial.

Baca Juga :   Kasus Stupa Mirip Jokowi, Roy Suryo Penuhi Panggilan Polisi

“Belum ada update (siapa) yang dimintai keterangan penyidik. Namu, jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum sebagaimana diatur dalam UU ITE,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO