Vaksin Merah Putih Ditargetkan Tuntas pada HUT Kemerdekaan RI

Vaksin Merah Putih Foto: Airlangga

JagatBisnis.com – Saat ini, tim peneliti Vaksin Merah Putih dari Universitas Airlangga (Unair) tengah menunggu izin dari BPOM terkait pelaksanaa uji klinis fase 3.

Sembari menunggu uji klinis tersebut, pihak Unair telah menargetkan jika vaksin buatan negeri ini akan tuntas pada 17 Agustus atau saat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
Rektor Unair, Prof Dr Mohammad Nasih mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu izin dari BPOM dan harus mengikuti mekanisme yang ada.

“Kita menunggu saja, kita mengikuti mekanisme dan prosedur dari BPOM. Kalau ada lampu hijau jalan, lampu kuning siap-siap jalan. Karena yang punya otoritas untuk menerbitkan kita yakin benar adalah kawan-kawan di BPOM. Kita berharapnya secepat mungkin,” ucap Nasih, Jumat (24/5).

Baca Juga :   Vaksin Merah Putih Masih Tahap Uji Hewan Laboratorium

Dalam mengeluarkan izin tersebut, Nasih menuturkan jika BPOM mempunyai beberapa pertimbangan kapan akan mengeluarkan izin. Secara teknik, pihaknya sudah siap melaksanakan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinis (PPUK) jika sudah diterbitkan BPOM.

Baca Juga :   Vaksin Merah Putih Segera Lakukan Uji Praklinis

Bahkan pihaknya juga mentargetkan, Vaksin Merah Putih ini akan tuntas pada Hari Kemerdekaan, jika uji klinis fase 3 sudah selesai.

“Target kita semuanya ingin nanti 17 Agustus bisa tuntas, bisa dipenuhi. Tapi fase 3 kita mengikuti mekanisme dan prosedur yang ada di BPOM,” ungkapnya.

Baca Juga :   Mulai Uji Klinis, Vaksin Merah Putih Bakal Disebar ke Negara Islam

Terkait relawan uji klinis fase 3, Nasih mengaku jika Unair terus menjalin komunikasi dengan relawan yang siap untuk uji klinis fase 3.

“Jumlahnya cukup banyak. 3.000 yang harus naif belum tervaksin sama sekali. Kami sedang menunggu kawan-kawan BPOM kapan peluit fase 3 ini dimulai,” pungkasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO