MH Thamrin Dinilai Jadi Nama Terbaik untuk Pengganti JIS

Ilustrasi Foto: Netralnews.com

JagatBisnis.com – MH Thamrin muncul sebagai calon kuat pengganti nama Jakarta International Stadium (JIS). Bahkan penamaan sosok pahlawan Nasional di stadion anyar milik warga Betawi itu dinilai sempurna sebagai pelunas janji Gubernur Anies Baswedan.

Pernyataan itu diutarakan oleh salah seorang tokoh Muhamad Amrullah atau yang lebih akrab disapa Kojek Rap Betawi. Kojek adalah salah satu pencetus terbangunnya JIS dalam kontrak politik Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada media 2017 lalu.

“Alhamdulillah janji Anies (dalam kontrak politik) lunas, stadionnya ada. Tapi saya rasa kurang lengkap, stadion ini hadir tidak dinamakan Muhammad Husni Thamrin Stadium,” kata Kojek dalam kenferensi pers secara virtual, Senin (20/6/2022).

Baca Juga :   JIS Jadi Lokasi Puncak HUT Ke-495 DKI Jakarta

“Karena, perjuangan MH Thamrin harus kita hargai karena lewat sepak bola dia juga berjuang untuk semangat kebangsaan. Dari situ lah yang jadi inspirasi saya (menginginkan pergantian nama JIS jadi MH Thamrin),” tambahnya.

Perjuangan MH Thamrin disebut Kojek sebagai pelecut semangat menyiarkan perubahan nama JIS guna menghadiahi sosok pahlawan.

MH Thamrin disebutnya merupakan pelopor sepak bola pribumi di Batavia. Dia memandang sepakbola sebagai alat perjuangan dan penumbuh rasa kebangsaan untuk golongan anak bangsa. Thamrin juga kata Kojek berikhtiar mewujudkan gagasannya lewat lapangan sepakbola.

Baca Juga :   Anies Didesak Ganti Nama JIS Jadi Stadion MH Thamrin

“Inspirasi saya memang MH Thamrin yang memang berjuang untuk sepak bola Jakarta,” sebut Kojek.

Semula polemik pergantian nama JIS memang sudah menggaung. Hulunya, tercetus sebuah petisi daring dari salah seorang sejarawan JJ Rizal lantaran dinilai melanggar UU no. 24/2009 karena menggunakan Bahasa Inggris.

Upaya perubahan nama JIS jadi Stadion MH Thamrin sudah dilakukan JJ Rizal termasuk Kojek sejak lama. Sebut saja saat Februari 2019 silam, di mana Rizal dan kawan-kawan membuat Festival 125 tahun MH Thamrin di lapangan VIJ yang turutdihadiri oleh Anies

Baca Juga :   Gubernur Anies Bangun Stadion Termegah di Dunia dari Pajak Warga

“VIJ merupakan salah satu stadion yang dibuat melalui uang pribadinya MH Thamrin. VIJ juga jadi alat perjuangan melahirkan klub Persija Jakarta, dan menginisiasi adanya PSSI. Banyak hal yang menginspirasi saya untuk ikut mensuport stadion yang ada di Jakarta punya nama MH Thamrin,” tutur Kojek. (pia)

MIXADVERT JASAPRO