Cadangan Timah RI Terbesar ke-2 Dunia

JagatBisnis.com –  Indonesia diketahui menjadi negara terbesar kedua penghasil timah. Oleh karena itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membeberkan, kalau Indonesia berperan penting dalam penyediaan bahan baku timah dunia. Karena total cadangan timah Indonesia saat ini mencapai 800 ribu ton atau sekitar 17 persen dari total cadangan timah dunia.

Baca Juga :   Tahun Ini, Pemerintah Larang Ekspor Bauksit dan Timah

“Timah kita nomor 2 di dunia. Nomor satu itu China, tidak ada yang bisa lawan China. Sementara, kontribusi cadangan timah China terhadap dunia mencapai 23 persen, Brazil 15 persen, dan Australia 8 persen,” kata Dirjen Minerba Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII, di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Ridwan menjelaskan, saat ini 91 persen cadangan logam timah terdapat di Kepulauan Bangka Belitung. Dari datanya, saat ini terdapat 482 Izin Usaha Pertambangan (IUP) timah, dengan hanya 2 IUP eksplorasi dan 280 IUP operasi produksi. Namun, tidak semua IUP itu aktif operasi.

Baca Juga :   2024, Ekspor Timah Bakal Dilarang

“Harta karun timah milik Indonesia itu memang menjadi andalan Indonesia untuk diekspor. Oleh karena itu, kami menginisiasi untuk memperbesar hilirisasi timah di Indonesia. Sebab, hilirisasi timah di Indonesia baru 10 persen dari kegiatan ekspor timah yang dilakukan di Indonesia. Makanya, kita harus betul-betul membangun hilirisasi,” tegasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO