Kementan Kejar Penyuntikan 800 Ribu Vaksin PMK Sebelum Idul Adha

JagatBisnis.com – Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan penyuntikan sebanyak 800 ribu. dosisvaksin Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) dilakukan sebelum perayaan Idul Adha. Sehingga penyebaran wabah PMK tidak meluas ke berbagai daerah di Indonesia.

“Penyuntikan dosis vaksin PMK yang sudah tiba di Indonesia perlu dipercepat. Kami berharap sebelum Idul Adha vaksin tersebut sudah terkirim dan bisa segera dilakukan. Penyuntikan pada tahap awal ini difokuskan untuk sentra ternak hewan yang rentan tertular PMK,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Sabtu (18/6/2022).

Dia menjelaskan, kedatangan 800 ribu vaksin impor yang telah tiba hari ini bakal segera didistribusikan ke daerah-daerah zona hijau. Sehingga, sapi yang masih sehat menjadi kebal dan tidak ikut tertular PMK. Hewan ternak yang berhasil sembuh usai terkena PMK memiliki daya tahan tubuh yang lebih. Sehingga risiko penularan penyakit bisa lebih kecil.

Baca Juga :   Kementan Imbau Masyarakat Lebih Selektif saat Membeli Hewan Kurban

“Untuk itu, gugus tugas yang telah dibentuk sebagai upaya percepatan pengendalian wabah PMK bisa bekerja secara optimal. Sehingga, target yang telah ditetapkan bisa selesai tepat waktu. Kami berharap gugus tugas yang berada di kabupaten, provinsi, secara nasional ini tentu saja akan bekerja secara bersama termasuk mempersiapkan penyuntikan,” ulasnya.(*/eva)

MIXADVERT JASAPRO