Soal Penyebab Bencana di Minsel, BNPB Belum Pastikan Abrasi atau Likuefaksi

Ilustrasi abrasi pantai Foto: Alinea ID

JagatBisnis.com –  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih belum bisa memastikan penyebab utama terjadinya bencana di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Sulawesi Utara (Sulut) sebagai abrasi pantai atau Likuefaksi.

Kepala BNPB, Mayjen TNI Suharyanto, menyebutkan bencana yang mengakibatkan jembatan maupun jalan, serta rumah warga amblas ke dalam laut, perlu penelitian lebih lanjut lagi.

“Kami belum bisa menjawab apa penyebab bencana ini. Apalagi kejadiannya tidak didahului dengan fenomena alam,” kata Suharyanto.

Baca Juga :   Waspada! DKI Berada di Kawasan Patahan Gempa

Lanjut dikatakan Suharyanto, perlu ada kajian lebih dalam untuk menentukan penyebab bencana, sehingga akan ada tim ahli dari Pemerintah Pusat yang akan bertugas mencari penyebab pastinya bencana yang menyebabkan kerugian material yang cukup banyak itu.

Baca Juga :   BNPB Luncurkan Gerakan Mobil Masker Perkuat Prokes

Menurutnya, setelah status tanggap darurat berakhir, akan ada tim yang dikoordinir oleh kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) untuk segera datang ke lokasi kejadian mencari penyebab yang pasti, serta seperti apa langkah ke depan.

Baca Juga :   BNPB Bagikan 1000 Masker untuk UMKM dan PKL di Mataram

“Yang pasti untuk melakukan penelitian ini membutuhkan ilmu pengetahuan dan teknologi bukan hanya perkiraan. Saya sendiri datang ke sini bersama BMKG dengan Kementerian PUPR agar melihat penyebabnya,” kata perwira tinggi TNI-AD ini kembali. (pia)

MIXADVERT JASAPRO