NasDem Berpotensi Alami Kenaikan Suara di Pemilu 2024 JIka Usung Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JagatBisnis.com – Partai NasDem dinilai berpotensi mengalami peningkatan raihan suara di Pemilu 2024 apabila mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres). Sebab, NasDem bakal mendapatkan efek positif dari pencalonan Anies.

“Ya memang yang paling rasional adalah mengusung Anies karena NasDem akan mendapatkan coattail effect atau efek ekor jas, NasDem bisa mendapat elektoral dari pencalonan Anies. Kalau (calon presiden) yang lain sulit,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin, Jumat (17/6/2022).

Dia menjelaskan, apabila Partai NasDem sudah menyatakan secara resmi mendukung Anies, hal ini tentu menjadi bekal NasDem untuk memimpin koalisi. Selain itu, menjadi titik temu para partai politik untuk memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga :   Anies Pastikan Posko Siaga 24 Jam

“NasDem perlu menawarkan ke partai partai lain agar bisa berkoalisi dan mendukung capres dan calon wakil presiden (cawapres),” bebernya.

Dia menambahkan, Anies mengisi pos kekosongan figur kader NasDem yang belum tergenjot elektabilitasnya menuju arena Pilpres. Apalagi, dia bukan orang asing bagi NasDem, sebab ia termasuk deklarator pendiri Ormas NasDem.

Baca Juga :   Jika Pemilu 2024 Dilaksanakan 15 Mei, Maka Kampanye Jatuh di Bulan Ramadan

“Ada ikatan batin antara NasDem dengan Anies,” imbuh Anies.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengantongi dukungan 32 DPW Partai NasDem sebagai capres dalam perhelatan Rakernas Partai NasDem di JCC Senayan, Jakarta.

Dari 32 DPW, 4 di antaranya merupakan DPW di provinsi yang memiliki populasi penduduk besar dan kantong suara terbanyak di Indonesia yakni Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Banten.

Baca Juga :   Gerindra Dukung Prabowo Maju di Pilpres 2024

Partai NasDem menggelar Rakernas pada 15-17 Juni 2022. Rakernas ini merupakan ajang menampung aspirasi para kader untuk menyambut Pilpres 2024. Setiap DPW Partai NasDem mengusulkan nama-nama bakal capres.

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh nantinya akan memilih satu nama untuk diusung pada Pilpres 2024. (pia)

MIXADVERT JASAPRO