Wisata  

Kunjungan Wisman ke Indonesia Meroket 5 Kali Lipat

JagatBisnis.com –  Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada April 2022 melalui pintu masuk utama mencapai 11 ribu lebih. Angka mengalami kenaikan 5 kali lipat atau 499 persen jika dibandingkan dengan April 2021. Pencapaian tersebut menunjukkan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif semakin nyata. Hal itu seiring dengan penanganan pandemi Covid-19 yang kian terkendali.

Baca Juga :   Pemandangan Indah Wisata Alam Terbaik di Tebing Panenjoan

“Melihat angka tersebut, kami optimis data kunjungan wisatawan pada Mei 2022 dan bulan-bulan selanjutnya akan meningkat secara signifikan. Kami pun memprediksi puncak peningkatan wisatawan ini akan jatuh di bulan Juli dan Agustus 2022. Jika situasi pandemi terkendali dan jumlah penerbangan ke Indonesia, terutama Bali bisa terus ditingkatkan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Selasa (14/6/2022).

Dia menjelaskan, menggeliatnya pariwisata belakangan ini memberikan suatu optimisme terkait target wisman tahun ini akan tercapai. Apalagi, pergerakan wisatawan nusantara mencapai 550 juta. Sehingga saat mudik lalu, sebagian sudah tercapai. Sedangkan, kunjungan wisman mencapai l 1,8 sampai 3,6 juta. Semenatara, realisasi investasi pariwisata tahun ini sebesar USD2,5 miliar.

Baca Juga :   Pemerintah Gandeng Merck hingga Pfizer Bangun Pusat Riset Vaksin di Bali

“Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya jumlah kunjungan wisman pada April 2022 meningkat 172 persen. Kunjungan wisman ke Indonesia didominasi oleh turis dari 5 negara, yaitu Australia sebanyak 14 persen, Singapura 11,4 persen, Malaysia 7,8 persen, India 6,1 persen dan Inggris 5,5 persen,” paparnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO