Vaksin Booster Solusi Efektif dari Ancaman Virus BA.4 dan BA.5

JagatBisnis.com – Pemerintah tengah membahas pemberian vaksin Covid-19 dosis keempat untuk menjamin keamanan serta perlindungan maksimal dari ancaman virus BA.4 dan BA.5. Karena vaksin dosis ketiga dianggap efektif menjaga tubuh dari serangan subvarian Omicron yang sudah masuk Indonesia. Kini, sudah ada 8 orang yang terinfeksi.

Ahli Epidemiologi Griffith University Australia, Dicky Budiman menjelaskan vaksin dosis ketiga kecenderungannya memang harus diterima oleh masyarakat saat ini. Apalagi, vaksin dosis ketiga dinilai efektif menurunkan risiko penularan dan terpaparnya virus BA.4 dan BA.5.

“Kecenderungannya saat ini yang namanya dosis lengkap itu 3 dosis, bukan 2 dosis. Bahkan, dosis keempat sudah mulai diberikan di beberapa negara untuk memaksimalkan perlindungan,” kata Dicky, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga :   1.305 Pasien Covid-19 Masih Dirawat di RS Wisma Atlet

Namun, lanjut Dicky, di Indonesia ada masalah besar untuk bisa memasifkan pemberian dosis ketiga. Ini salah satunya akibat strategi komunikasi risiko yang kurang tepat yang disampaikan pemerintah. Karena sadar atau tidak, saat ini masyarakat sudah banyak yang menganggap pandemi selesai dan virus Covid-19 tak ada lagi.

Baca Juga :   Waspada! Berikut Gejala Omicron yang sering Terabaikan

“Sebenarnya pemahaman seperti itu terbentuk di masyarakat. Sehingga menyebabkan vaksin Covid-19 dianggap tak penting lagi. Padahal, pandemi masih ada yang artinya virus Covid-19 itu masih menyebar di antara masyarakat. Karena salah pemahaman ini, bikin sebagian orang menganggap vaksin tak berarti lagi dan membuat vaksin dosis ketiga diabaikan,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, makanya cakupan dosis ketiga di Indonesia hingga saat ini belum begitu banyak. Padahal, dosis ketiga cukup efektif dalam mencegah terpapar dari ancaman BA.4 dan BA.5 yang kini mulai ditemukan di Indonesia.

Baca Juga :   68 Penerbangan di Kanada Dibatalkan karena Omicron

“Kami berharap pemerintah terus menyampaikan pentingnya vaksin dosis ketiga dengan cara yang tepat. Sehingga cakupan vaksin dosis ketiga bisa banyak didapatkan masyarakat. Apalagi, mereka yang punya komorbid, individu yang tinggal dengan lansia, maupun pegawai negeri sipil harus melengkapi dosis ketiga,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO