KAI Bakal Tutup Tiga Perlintasan Liar Bojonggede-Citayam

JagatBisnis.com – PT KAI Daop 1 Jakarta akan menutup tiga perlintasan liar yang berada di petak jalan Bojonggede hingga Citayem. Ketiga perlintasan liar yang akan ditutup dalam waktu dekat, yakni KM 39+9/0 Jalan Gang Pinang, KM 41+2/3 Jalan Gang Inpres dan KM 41+5/6 Jalan Gang Paseban. Penutupan tersebut dalam rangka menjamin keselamatan perjalanan kereta api (KA) dan masyarakat sekitar.

“Penutupan tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk menjamin keselamatan perjalanan KA dan masyarakat sekitar. Selain itu, untuk meminimalisir kecelakaan di perlintasan sebidang,” kata Kepala Humas PT KAI Daip 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangannya, Selasa (14/6/2022).

Dia menjelaskan, rencana penutupan ketiga perlintasan liar itu sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 94, disebutkan untuk keselamatan perjalanan kereta api dan pemakai jalan, perlintasan sebidang yang tidak mempunyai izin harus ditutup. Untuk itu, pihaknya menghimbau bagi masyarakat yang biasa memanfaatkan perlintasan liar tersebut dapat menggunakan perlintasan resmi terdekat untuk keselamatan bersama,” ungkap Eva.

Baca Juga :   KAI Commuter Targetkan Angkut 1 Juta Penumpang per Hari di 2023

Dia menambahkan, pada periode Januari-Juni 2022 ini pihaknya sudah menutup sebanyak 8 perlintasan di wilayah Daop 1 Jakarta. Penutupan dilakukan dengan bekerjasama para pihak terkait, seperti Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Pemda, Dishub dan aparat kewilayahan. Dari 8 perlintasan yang ditutup, 7 titik merupakan perlintasan liar dan 1 titik merupakan perlintasan resmi.

Baca Juga :   KAI Tata Stasiun Sukabumi

“Makanya, kami menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar jalur KA agar tidak membuat perlintasan secara ilegal yang dapat membahayakan keselamatan perjalanan KA dan masyarakat yang melintas. Untuk itu, kami terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tertib dalam berlalulintas dan ikut menjaga keselamatan perjalanan kereta,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO