TNI dan Polri Evakuasi Anak-anak Terdampak Banjir di Mamuju

JagatBisnis.com – Banjir akibat curah hujan tinggi disertai meluapnya air sungai merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu (12/6/2022) sore.

Salah satu kawasan yang terdampak banjir yakni Lingkungan Simbuang, Kelurahan Simboro, dengan ketinggian mulai setinggi pinggang orang dewasa hingga 1 meter lebih. Beberapa warga, termasuk anak-anak, harus dievakuasi ke daerah yang lebih aman.

“Sejumlah warga terutama anak-anak dan wanita lanjut usia kami prioritaskan untuk dievakuasi ke tempat lebih aman,” instruksi Kapolda Sulawesi Barat, Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, yang disampaikan Kabid Humas Polda Sulbar Kombes Pol Syamsu Ridwan, Minggu (12/6).

Baca Juga :   Warga Kobar Mulai Bersihkan Rumah Usai Banjir Surut

Dalam evakuasi, Polda Sulbar menurunkan personel dari Satuan Sabhara dan Brimob yang dilengkapi peralatan SAR.

Aksi sigap dan cepat tanggap juga dilakukan personel Kodim 1418/Mamuju dalam mengevakuasi warga yang terdampak banjir.

Baca Juga :   Ribuan Rumah Warga di Bengkulu Terendam Banjir

Melalui rilis Penerangan Kodim Mamuju (Pendim) melaporkan beberapa personel TNI turun langsung mengevakuasi warga yang terdampak banjir, di antaranya Babinsa Koramil 1418-01/Mamuju, Koptu Benny Sunandar.

“Pada (Minggu) siang itu hujan lebat, kemudian karena warga yang bermukim di daerah dataran rendah, sehingga puluhan rumah warga di wilayah tersebut tergenang air, ya air masuk ke dalam rumah,” ungkap Danramil 1418-01/Mamuju, Mayor Inf Jalaluddin.

Baca Juga :   Rumah Warga di Dompu Terendam Banjir

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir ini, namun sebanyak 122 kepala keluarga atau 473 warga terpaksa mengungsi karena terdampak banjir. Rumah mereka terendam banjir dengan ketinggian mulai setinggi pinggang orang dewasa atau 0,5 meter hingga 1 meter lebih.

Banjir sudah surut di sejumlah titik dan cuaca di Mamuju cerah, Senin (13/6) pagi. (pia)

MIXADVERT JASAPRO