Soal FPI Palsu Deklarasi Dukung Anies di Pilpres 2024, Riza Patria Bilang Begini

Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria

JagatBisnis.com – Aksi FPI palsu di Patung Kuda yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024 menuai polemik. Jajaran PA 212 maupun Front Persaudaraan Islam (FPI) menyebut aksi yang mengatasnamakan FPI itu palsu.

Terkait hal itu, Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Riza Patria mengatakan, setiap warga punya hak untuk menyampaikan dukungan kepada siapa pun. Termasuk kepada Anies di pilpres.

“Kalau ada satu komunitas, satu kelompok atau pribadi-pribadi mendeklarasikan, mendukung, untuk menjadi Capres, Cawapres, Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati, itu hak warga negara,” kata Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/6) malam.

Baca Juga :   Duh, Nomor Wagub DKI Diretas untuk Penipuan

Sebab, menurut Riza, hak untuk mendukung siapa pun calon pemimpin sudah diatur dalam Undang-undang yang berlaku.

Baca Juga :   Wartawan Edy Mulyadi Penuhi Panggilan Bareskrim Polri

“Itu hak yang dilindungi Undang-undang dan warga negara punya dua hak, hak dipilih dan hak memilih. Jadi kita hormati itu,” tutur pria yang menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Riza menambahkan, fenomena mendeklarasikan dukungan kepada salah satu tokoh tertentu adalah hal yang lumrah menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 nanti.

Baca Juga :   Pembubaran FPI Dinilai Bentuk Ketegasan Pemerintah

Namun, Riza berpesan agar pesta demokrasi ini tetap digelar kondusif dan tidak menyulut pertikaian antar kelompok.

“Itu sesuatu yang biasa. Negara kita demokratis, kita mari jaga dan boleh beda pilihan, beda partai, tapi harus hidup rukun menjaga NKRI kita,” pungkasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO