Rumah Kelahiran Bung Karno di Surabaya Direvitalisasi Jadi Museum

JagatBisnis.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menambah satu destinasi wisata di Kota Pahlawan dengan merevitalisasi rumah kelahiran Bung Karno menjadi sebuah museum. Nantinya, rumah tersebut akan dilengkapi sejumlah artefak hingga ornamen pendukung. Museum ini akan menceritakan berbagai kisah perjuangan Bung Karno sejak lahir di Surabaya hingga sukses menjadi Proklamator Kemerdekaan Indonesia.

“Lokasi rumahnya tetap. Justru, kami tambah dengan menaruh museum. Kami jadikan wisata sejarah baru di Surabaya,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Senin (6/6/2022).

Dia menjelaskan, saat ini proses revitalisasi bangunan aset milik Pemkot Surabaya itu masih dilakukan. Pihaknya menargetkan, destinasi wisata museum ini segera dibuka dalam waktu yang tidak lama. Rencananya, rumah itu akan dikoneksikan dengan destinasi wisata sejarah lain yang ada di kawasan tersebut. Sementara konsep yang tengah disiapkan adalah Kampung Kebangsaan.

“Apalagi wilayah rumah Bung Karno, tidak jauh dari rumah HOS Cokroaminoto. Rumah itu menjadi tempat kos Bung Karno selama menempuh pendidikan sekolah. Ada pula Langgar Dhuwur, masjid berusia dua abad di kawasan itu yang disebut sebagai tempat mengaji Bung Karno,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, Eri berharap, pelajar sekolah hingga wisatawan umum bisa belajar kehidupan Bung Karno. Sehingga dapat sekaligus meneladani semangat Bung Karno. Seharusnya semangat Bung Karno bisa masuk ke dalam jiwa anak muda. Apalagi, Surabaya terkenal sebagai Kota Pahlawan.

“Selain Bung Karno, juga ada Bung Tomo dan pahlawan lainnya yang menggelorakan semangat melawan penjajahan. Maka, sudah selayaknya para anak muda sekarang meneladani semangat Presiden pertama RI ini,” tegasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO