PLN Sudah Bangun 27 SPKLU di 5 Destinasi Pariwisata Unggulan

JagatBisnis.com – PT PLN (Persero) hingga kini telah membangun 27 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 5 destinasi wisata unggulan. Di antaranya Kawasan Candi Borobudur, Kawasan Candi Prambanan, Bali, Lombok dan Labuan Bajo. Hal ini dilakukan untuk mendukung sektor pariwisata yang lebih ramah lingkungan.

Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali PLN, Haryanto WS, menjelaskan, kehadiran SPKLU Green Tourism pertama di Pulau Jawa ini merupakan wujud komitmennya untuk mengakselerasi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia. Selain itu, sebagai upaya mewujudkan Electrifying Lifestyle di wilayah tersebut.

“Ini menjadi bentuk dukungan kami untuk Program Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Borobudur. Salah satunya mencanangkan penggunaan energi bersih dan kendaraan listrik untuk menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada tahun 2022,” katanya, Senin (6/6/2022).

Baca Juga :   PLN Operasikan PLTMG Bangkanai, Perkuat Listrik Kalimantan

Menurut dia, penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan pariwisata yang menghubungkan titik-titik utama pariwisata, seperti bandara, hotel, dan atraksi wisata diharapkan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dari sektor transportasi secara signifikan. Selain itu, pihaknya juga telah membangun 1 unit SPKLU Ultra Fast Charging dan 21 unit SPKLU Fast Charging di Bali, 2 unit SPKLU Fast Charging di Lombok, serta di Labuan Bajo 1 unit SPKLU Fast Charging.

Baca Juga :   ASEAN Para Games 2022, PLN Jamin Listik Aman

“Saat ini, kami juga sedang mempersiapkan jaringan SPKLU untuk mendukung kehadiran kendaraan listrik di beberapa destinasi wisata lainnya, yakni di Danau Toba, Likupang, dan Mandalika yang ditargetkan selesai pada Oktober 2022. Bahkan, kami juga telah menyediakan layanan home charging dengan menghadirkan diskon sebesar 30 persen bagi pengisian daya di rumah pelanggan pada pukul 22.00-05.00,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO