Heboh Tiket Candi Borobudur Dibanderol Rp750 Ribu, Ini Kata Ganjar

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

JagatBisnis.com – Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menetapkan tiket Candi Borobudur naik jadi Rp 750.000. Tarif tersebut berlaku untuk wisatawan lokal yang akan naik ke area stupa candi.

Soal kebijakan baru tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur segera melakukan sosialisasi dan edukasi masyarakat, guna menghindari kesalahpahaman.

“Untuk naik ke candi kemarin disampaikan agar ada pengelolaan dengan pengendalian melalui tarif, kira-kira begitu,” kata Ganjar Pranowo di Semarang, Jawa Tengah pada Senin (6/6).

Baca Juga :   Tarif Candi Borobudur Batal Naik

Taman Wisata Candi Borobudur berlokasi di Kabupaten Magelang, yang masuk wilayah Provinsi Jawa Tengah. Menurut Ganjar, kebijakan kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur tersebut, tidak diputuskan begitu saja, namun melalui berbagai aspek yang menjadi pertimbangan.

“Salah satunya adalah konservasi Candi Borobudur, yang belakangan mengalami penurunan. Adapun sampai hari ini, wisatawan belum dibolehkan naik ke Candi Borobudur,” ujarnya.

Baca Juga :   Bareskrim Minta Pendapat Ahli, Usut Meme Stupa Mirip Jokowi

Orang nomor satu di Jateng itu menyebutkan kebijakan tersebut belum diterapkan karena persiapan teknis dan regulasi masih dibahas oleh pihak PT TWC dan Balai Konservasi Borobudur (BKB).

“Sampai dengan hari ini TWC masih akan komunikasi menyiapkan SOP-nya soal regulasinya dengan badan pengelola (BKB), jadi masyarakat tidak perlu terganggu,” katanya.

Baca Juga :   Kasus Stupa Mirip Jokowi, Roy Suryo Penuhi Panggilan Polisi

Di sisi lain, kebijakan baru juga dibahas yakni menurunkan harga tiket masuk kawasan Candi Borobudur yakni untuk pelajar menjadi Rp 5.000 dari sebelumnya Rp 25.000.

“Sehingga, pada saat nanti mereka butuh edukasi, mereka butuh dalam konteks ilmu pengetahuan, itulah kebijakan yang diambil khusus untuk pelajar,” ujar Ganjar Pranowo. (pia)

MIXADVERT JASAPRO