Penyederhanaan Birokrasi Buat Kerja ASN Lebih Efektif

JagatBisnis.com-Penyederhanaan birokrasi diawali dengan penyetaraan jabatan sehingga semua personel Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkup satu pemerintahan daerah. Setelah penyederhanaan birokrasi dapat bekerja secara fleksibel dan dapat ditugaskan lintas unit.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalan Negeri (Kemendagri) Akmal Malik, mengatakan, penugasan dan pelaksanaan kerja ASN, setelah jenjang birokrasi disederhanakan, maka pekerjaan dapat dilakukan secara individu ataupun tim berdasarkan kompetensi dan kinerja organisasi.

“Konsep dasar sistem kerja dalam penyederhanaan birokrasi mengutamakan akuntabilitas dan kinerja organisasi. Poin utamanya adalah menghasilkan keputusan atau kebijakan yang cepat dan efektif,” kata Akmal saat memberikan pemaparan terkait pelaksanaan penyederhanaan birokrasi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (5/6/2022).

Baca Juga :   Peruri Didorong Wujudkan Transformasi Digital untuk Layanan Pemerintah

Selain berbicara tentang manfaat penyederhanaan birokrasi, Akmal juga menekankan tentang pentingnya penggunaan data desa presisi untuk membantu perencanaan pembangunan daerah. Karena data desa presisi menyuguhkan data yang lengkap terkait informasi kependudukan, ekonomi, sosial dan pendidikan masyarakat. Data ini juga mencakup data per rumah dalam sebuah daerah.

Baca Juga :   Matangkan PKPU, Dirjen Polpum Bahtiar Wakili Pemerintah

“Data yang akurat akan membantu pemerintah mengambil kebijakan yang baik, efektif pula untuk mendorong pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena data desa presisi merupakan data yang memiliki tingkat akurasi dan ketepatan tinggi untuk memberikan gambaran kondisi aktual desa yang sesungguhnya,” beber Akmal. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO