Kominfo Tingkatkan Akurasi Penerima STB

JagatBisnis.com-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) perlu berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan kepala daerah untuk menyeragamkan data keluarga miskin. Sehingga data penerima bantuan Set-Top-Box (STB) lebih akurat.
“Penyeragaman data pemberian bantuan STB kepada keluarga miskin dibutuhkan dalam rangka untuk menghasilkan fakta berbasis lapangan. Kegiatan yang berbasis Kependudukan Catatan Sipil, komunikasinya dengan para kepala daerah dalam rangka bagaimana memanfaatkan pengalaman serupa dengan sumber arus data yang sama,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam keterangan tertulis, Minggu (5/6/2022).
Dia berharap kerja sama itu dapat segera dilakukan. Adapun, kategori keluarga miskin tidak berdasarkan interpretasi individu, namun mengacu pada amanat undang-undang sesuai langkah yang telah dilakukan oleh kementerian terkait lain. Sedangkan, data yang dibutuhkan dalam program bantuan STB, selain data masyarakat miskin adalah hasil identifikasi jumlah siaran televisi swasta dan perangkat televisi yang dimiliki masyarakat.
“Pemasangan STB untuk keluarga miskin juga perlu dipertimbangkan atas dasar ketersediaan televisi. Bisa jadi ada keluarga yang sudah memiliki perangkat televisi digital sehingga tidak diperlukan STB lagi. Hanya kepada yang belum memiliki. Untuk itu, kami mengajak serta penyelenggara multipleksing (perusahaan-perusahaan televisi) yang akan menyediakannya,” paparnya. (*/esa)

Baca Juga :   Mendagri Pimpin Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI dari Pulau Rote
MIXADVERT JASAPRO