Harta Karun Suku Maya Siap Dibongkar

JagatBisnis.com Reruntuhan kota peradaban Suku Maya kuno yang dipenuhi dengan istana, piramida, dan alun-alun ditemukan di lokasi konstruksi dekat Merida di Semenanjung Yucatan, Meksiko. Kota itu dikenal sebagai Xiol. Dalam bahasa Maya, berarti Roh Manusia. Kota itu juga disebut sebagai pra-Kolombia yang diyakini telah menjadi rumah bagi sekitar 4.000 orang antara tahun 600 dan 900 M.

Arkeolog yang memimpin penggalian kota, Carloz Peraza, mengatakan, kota ini memiliki beberapa ciri gaya arsitektur Maya Puuc. Arsitektur itu biasanya ditemukan di selatan Semenanjung Yucatan tetapi jarang di dekat Merida. Selain itu, tim arkeolog juga menemukan kuburan orang dewasa dan anak-anak di dekatnya. Kuburan tersebut ditanami dengan obsidian dan alat batu api, pemujaan, dan barang-barang lainnya.

“Biasanya, orang-orang dari kelas sosial yang berbeda seperti pendeta dan penulis yang tinggal di istana besar itu. Bahkan, ada orang yang tinggal di beberapa bangunan kecil,” katanya seperti dikutip, Kamis (2/6/2022).

Dia menjelaskan, kota itu berasal dari periode Klasik Akhir, periode dalam sejarah Maya ketika negara-kota terlibat dalam jaringan aliansi dan permusuhan yang kompleks.Para arkeolog telah mengetahui keberadaan Xiol sejak 1980-an, tetapi pekerjaan penggalian baru dimulai pada 2018 dan bangunan pertama ditemukan 6 bulan lalu.

“Sekelompok arkeolog dari Instituto Nacional de Antropología e Historia (INAH) mempresentasikan temuan pekerjaan penggalian mereka kepada dunia. Sejauh ini, tim telah berhasil melacak dan menemukan 12 bangunan termasuk istana, rumah, bengkel, makam, dan alun-alun luas yang terdiri dari platform dan piramida kecil yang mungkin digunakan untuk keperluan upacara,” ulasnya.

Selain itu, lanjutnya, tim juga menemukan cenote sedalam 4,87 meter, sumur alami yang terbentuk dari runtuhnya kerak batu kapur yang melapisinya. Selain itu, makam kuno dan artefak. Setidaknya 5 bangunan dibangun dengan gaya arsitektur Puuc, yang terkenal penggunaannya di situs bersejarah seperti Chichén Itzá dan Uxmal sekaligus menunjukkan Xiol dibangun pada waktu yang sama. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO