Puing Pesawat Tara Akhirnya Ditemukan di Nepal

JagatBisnis.com –   Tentara Nepal pada Senin (30/5/2022) telah menemukan lokasi jatuhnya pesawat Tara Air. Pesawat dengan 22 penumpang ini hilang sehari sebelumnya tepatnya pada Minggu (29/5/2022).

Diberitakan Reuters, juru bicara tentara Nepal Narayan Silwan mengatakan pasukan pencarian dan penyelamatan secara fisik telah menemukan lokasi kecelakaan pesawat.

Ia juga mengunggah foto penemuan puing-puing pesawat itu ke akun Twitternya. Dalam foto tersebut tampak nomor ekor pesawat dan bagian-bagian pesawat lainnya yang berserakan di tepi gunung.

Baca Juga :   Pesawat Swasta di Nepal Hilang Kontak

Hingga saat ini masih belum ada informasi tentang korban selamat.

Pesawat jenis Twin Otter ini lepas landas dari Kota Pokhara, sekitar 125 dari Ibu Kota Kathmandu pada Minggu. Pesawat itu berada dalam penerbangan 20 menit menuju Kota Jomsom, sekitar 80 km dari Pokhara.

Jomsom merupakan destinasi wisata religi populer di Nepal.

Pesawat hilang kontak dengan menara kontrol di sekitar area pegunungan dan ngarai sungai yang sekitar 5 menit sebelum pendaratan.

Baca Juga :   Pesawat Swasta di Nepal Hilang Kontak

Cuaca dan kegelapan sempat menghentikan upaya pencarian pada Minggu malam. Namun, sebuah helikopter tentara dan beberapa helikopter swasta melanjutkan pencarian pada Senin pagi.

Juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil Nepal (CAAN), Deo Chandra Lal Karna, mengatakan lima helikopter siap membantu proses penyelamatan.

Situs pelacak penerbangan Flightradar24 mengatakan, pesawat dengan nomor registrasi 9N-AET itu melakukan penerbangan pertamanya pada April 1979.

Baca Juga :   Pesawat Swasta di Nepal Hilang Kontak

Nepal, yang memiliki delapan dari 14 gunung tertinggi di dunia, termasuk Everest, adalah negara yang kerap mengalami kecelakaan udara. Cuaca di sana dapat berubah secara tiba-tiba dan landasan terbang biasanya terletak di daerah pegunungan yang sulit dijangkau.

Pada awal 2018, penerbangan US-Bangla Airlines dari Dhaka ke Kathmandu jatuh saat mendarat dan terbakar. Insiden ini menewaskan 51 dari 71 penumpang. (pia)

MIXADVERT JASAPRO