Indonesia Tingkatkan Ekspor Batu Bara ke Malaysia

JagatBisnis.com –   Indonesia dan Malaysia sepakat meningkatkan ekspor energi, salah satunya batu bara Malaysia. Karena Malaysia telah lama menjadi salah satu mitra dagang utama Indonesia, tidak terkecuali untuk sektor energi. Sehingga hubungan dagang dengan Malaysia harus dipererat di masa yang akan datang.

“Sebagai negara tetangga,Malaysia merupakan tujuan ekspor dari produk energi Indonesia khususnya batubara. Indonesia tentu berupaya menjaga dan meningkatkan ekspor batu bara ke Malaysia. Namun, tentu dengan mempertimbangkan kebutuhan dalam negeri yang menjadi prioritas utama,” kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat menerima Menteri Tenaga dan Sumber Asli Malaysia Datuk Seri Takiyuddin bin Hassan di Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, seperti dikutip, Senin (30/5/2022).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendagh, Didi Sumedi menambahkan, Malaysia merupakan target untuk tujuan ekspor berbagai produk nonmigas unggulan Indonesia. Adapun nilai ekspor Indonesia ke Malaysia menunjukkan angka yang menggembirakan. Pada 2021, ekspor nonmigas Indonesia tercatat sebesar USD10,64 miliar atau tumbuh 52,65 persen dibanding pada 2020.

Baca Juga :   Batu Bara Tak Dipakai untuk Listrik di 2060

“Sehingga surplus perdagangan antara Indonesia dan Malaysia masih dapat terus ditingkatkan. Pada 2021, Indonesia mendapatkan surplus perdagangan dengan Malaysia sebesar USD2,56 miliar. Capaian tersebut merupakan sinyal positif dari kinerja perdagangan Indonesia. Neraca kita terus mengalami surplus, bahkan melonjak 119,2 persen pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkap Didi.

Baca Juga :   Hanya 8 Persen Perusahaan yang Penuhi DMO

Dia mengungkapkan, saat ini, sektor energi tengah menghadapi berbagai tantangan terutama imbas dari konflik Russia dan Ukraina. Hal ini justru bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk mengisi kekosongan di sektor energi, khususnya batu bara ke Malaysia. Tak heran, Indonesia merupakan negara pengekspor batu bara terbesar ke Malaysia. Pada 2021, Malaysia mengimpor batu bara sebesar RM16,6 miliar dengan 73,8 persennya berasal dari Indonesia.

Baca Juga :   BRI Hentikan Penyaluran Kredit ke Sektor Batu Bara

“Negara pengekspor lainnya adalah Australia dan Rusia dengan pangsa pasar masing-masing 17,9 persen dan 7,3 persen. Kontribusi Indonesia dalam memenuhi kebutuhan energi di Malaysia sangat besar. Tentu hal ini merupakan pendorong bagi Indonesia untuk tetap menjaga neraca perdagangan tetap surplus dengan Malaysia,” tutup Didi. (*/eva)

 

MIXADVERT JASAPRO