Fase Bulan Baru, 15 Wilayah Berpotensi Banjir Rob

JagatBisnis.com –  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMGK) memprakirakan terdapat fase bulan baru pada Senin (30/5/2022). Hal ini berpotensi adaya peningkatan ketinngian pasang air laut, yang berdampak banjir pesisir (rob) di sejumlah wilayah.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo mengungkapkan, dari pantauan data water level atau level air dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) memungkinakn terjadi di beberapa wilayah pesisir Indoensia pada 30 Mei- 07 Juni 2022 mendatang. Sehingga terdapat 15 wilayah di Indonesia yang berpotensi dilanda banjir rob. DKI Jakarta termasuk dalam wilayah yang berpotensi terdampak banjir.

“Potensi banjir rob di sejumlah wilayah pesisir Indonesia akan terjadi mulai hari ini hingga 7 Juni. 2022 mendatang. Untuk itu, warga diminta waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim. Karena banjir rob biasa terjadi saat fase bulan baru, tepatnya pada tanggal 30 Mei 2022,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (30/5/2022).

Baca Juga :   2.200 Rumah di Babel Dikepung Banjir Rob

Dia menjelaskan, potensi banjir rob diprediksi berlangsung dengan waktu yang berbeda di tiap wilayah. Kondisi tersebut bisa mengganggu aktivitas masyarakat di pelabuhan dan pesisir. Adapun lokasi yang akan terdampak banjir rob adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Banka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Maluku. (*/eva)

Baca Juga :   Restorasi Wilayah dan NCICD Jadi Kebijakan untuk Atasi Banjir Rob Jakarta

 

MIXADVERT JASAPRO