Produk UMKM Harus Lebih Ramah Lingkungan

JagatBisnis.com-Maraknya pertumbuhan UMKM di Indonesia, harus diimbangi dengan inovasi-inovasi serta inisiatif untuk memupuk kepedulian terhadap lingkungan. Salah satu wujud nyata yang dapat dilakukan oleh para pelaku UMKM untuk berperilaku ramah lingkungan, yakni memperhatikan kemasan produk yang digunakan, serta pengaruh yang ditimbulkan terhadap lingkungan. Apalagi, kini produk sustainability (ramah lingkungan) menjadi fokus utama di sektor ekonomi kreatif.

“Saat ini penting untuk menciptakan produk yang berkualitas, memiliki ketahanan, serta memiliki dampak yang baik bagi lingkungan. Untuk itu, kita harus kerja sama dengan asosiasi desain grafis, desain produk, agar dapat berinovasi menciptakan kemasan yang awalnya plastik menjadi kemasan ramah lingkungan,” kata Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Muhammad Neil El Himam, Minggu (29/5/2022).

Dia menjelaskan, nantinya yang menjadi fokus produk lokal ke depan juga adalah kampanye brand melalui story telling. Sehingga desain itu tidak boleh dianggap sepele dan pelaku UMKM harus memikirkan untuk berinovasi menciptakan desain packing yang hasilnya luar biasa. Karena dari awal pengemasan produk, hingga produk digunakan, dan pada akhirnya menjadi limbah sampah, perputaran tersebut harus dipikirkan. Jadi, sebisa mungkin, kemasan produk yang digunakan juga memiliki fungsi lain, agar dapat digunakan kembali, dan meminimalisir keberadaan sampah yang ada.

Baca Juga :   Inovasi Kreatif Skala Internasional Lewat Karya Mahasiswa UniSadhuGuna Internasional College

“Sebisa mungkin, kemasan yang diciptakan para pelaku UMKM tidak bermuara di TPA (tempat pembuangan akhir). Coba gunakan alternatif kemasan yang bersumber dari alam, misalnya yang berasal dari pelepah pinang. Diolah sedemikian rupa agar dapat menjadi kemasan yang ramah lingkungan. Jika, pelaku UMKM terpaksa menggunakan kemasan plastic disarankan yang sekali pakai. Sehingga para pelaku UMKM bisa memberi edukasi kepada konsumen,” ulasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO