PLN Tambah Pasokan Listrik Pulau Madura

JagatBisnis.com-Dalam upaya menambah pasokan listrik dan menjaga kehandalan kelistrikan di Pulau Madura, Jawa Timur dan sekitar, PLN Kembali membangun infrastruktur kelistrikan. Adapun yang dibangun berupa, SKTT 150 kV Kedinding-TX Bangkalan sirkit 3 dan 4. Pembangunan itu untuk mengurangi pembebanan transmisi eksisting dan mengantisipasi pertumbuhan kelistrikan di wilayah Madura yang semakin tinggi.

Executive Vice President Kontruksi, Jawa, Madura, Bali, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara (MKJ), Ratnasari Sjamsuddin mengatakan, pembangunan infrastruktur kelistrikan ini sangat diperlukan. Karena saat ini wilayah Madura hanya disokong 2 sirkit, yaitu SUTT 150 kV Ujung/Kenjeran-SKTT 150 kV Suramadu 1 dan 2- SUTT 150 kV Bangkalan/Gilitimur. Bahkan, kedua sirkit tersebut pemakaiannya sudah hampir overload dan mencapai beban puncak hampir 90 persen.

“Maka, dengan dibangunnya sirkit 3 dan 4 ini, nantinya menjadi upaya mitigasi untuk menjaga keberlangsungan pasokan dan meningkatkan kehandalan kelistrikan. Sehingga jika terjadi gangguan di salah satu sirkit, maka sirkit lainnya dapat menopang tanpa mengalami pemadaman,” terang Ratnasari.

Baca Juga :   Januari 2022, Pendapatan PLN Rp25,13 Triliun

Dia memaparkan, infrastruktur yang sedang dalam proses pembangunan ini nantinya akan memiliki panjang lintasan 39,247 kms yang direncanakan akan beroperasi pada 2023. Karena kini, proses pembangunan SKTT 150 kV Kedinding-TX Bangkalan sirkit 3 dan 4 terus dikebut, agar SKTT ini dapat beroperasi sesuai target waktu yang ditetapkan.

Baca Juga :   Masyarakat Gorontalo Diajak Mengenal Keunggulan Listrik Pintar

“Kami pun mengapresiasi dukungan dari Kementrian PUPR serta Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) dalam proses penerbitan perijinan,” ucapnya. Kami optimis SKTT ini akan beroperasi sesuai target waktu dan dengan penambahan suplai listrik akan segera memperkuat kelistrikan di Madura dan sekitarnya,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO