Jokowi: Indonesia, Negara Rawan Bencana

Presiden Jokowi

JagatBisnis.com – Indonesia merupakan negara yang rawan bencana. Hal itu terbukti darim begitu banyaknya bencana yang terjadi sepanjang tahun 2022. Tepatnya, pada 23 Mei telah terjadi bencana sebanyak 1.613 dan rata-rata dalam sebulan terjadi 500 kali gempa, skala kecil maupun besar. Alasan utama yang menyebabkan Indonesia menjadi negara rawan bencana karena negara tersebut dilalui oleh Sirkum Pasifik (cincin api pasifik). Sirkum itu merupakan bertemunya banyak lempeng tektonik. Sirkum pasifik membentuk sekitar 75 persen gunung api.

Baca Juga :   Akibat Letusan Gunung Api di Tonga, BMKG Pastikan RI Tak Terdampak Tsunami

“Gempa besar disertai tsunami terakhir yang terbesar terjadi di Palu tahun 2018 yang mengakibatkan sebanyak 2.113 orang meninggal. Selain gempa, Indonesia juga memiliki 139 gunung api aktif yang letusannya kapan saja bisa mengancam masyarakat Indonesia,” kata Presiden Joko WIdodo (Jokowi) dalam sambutannya di acara The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction 2022 di Bali, Rabu (25/5/2022).

Jokowi memaparkan, sepanjang 2015 hingga 2021, tercatat 121 letusan gunung berapi di Indonesia. Selain itu, kebakaran hutan dan lahan juga merupakan ancaman bagi masyarakat Indonesia. Kebakaran hutan dan lahan di tahun 1997, 1998 merupakan yang terbesar yang pernah dialami Indonesia. Kebakaran tersebut menghanguskan lebih dari 10 juta lahan, 10 juta hektar lahan yang tersebar di Indonesia

Baca Juga :   Presiden Jokowi Berdoa di Lubang Buaya

“Dengan berbagai upaya, kebakaran hutan dan lahan bisa ditekan seminimal mungkin dan tahun 2021 Indonesia telah berhasil merestorasi lahan gambut seluas 3,4 juta hektare. Menjaga dan merevitalisasi hutan mangrove yang luasnya lebih dari 20 persen total area mangrove dunia sekitar 3,3 juta hectare. Selain itu, Indonesia juga berhasil menurunkan kebakaran hutan dari 2,6 juta hektare, hanya menjadi 358.000 hektare di tahun 2021,” ungkap Jokowi. (*/esa)

Baca Juga :   Jokowi Perlu Reshuffle Kabinet Demi Perbaiki Kinerja

 

MIXADVERT JASAPRO