PLN Bangun Infrastruktur di Industri Karawang Senilai Rp452 Miliar

JagatBisnis.com –   PT PLN (Persero) membangun infrastruktur ketenagalistrikan di kawasan industri Kerawang. Adapun infrastruktur yang dibangun berupa Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kiloVolt (kV) Sukatani dan Gas Insulated Switchgear Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) 500 kV Sukatani. Dana yang digelontorkan untuk membangun kedua infrastruktur tersebut sebesar Rp452 miliar.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) Djarot Hutabri EBS mengatakan, pasokan listrik yang andal akan menjadi salah satu kunci dalam membuka peluang investasi. Dengan semakin kuatnya pasokan listrik ke kawasan industri Karawang, pihaknya berharap dapat menjadi daya tarik investor baru.

“Seperti yang diketahui secara umum Karawang adalah salah satu daerah industri terbesar di Indonesia. Sehingga listrik memegang peranan penting dalam peningkatan iklim investasi. Oleh karena itu, pasokan listrik harus benar-benar dijaga keandalannya,” kata Djarot, Senin (23/5/2022).

Baca Juga :   Promo Nyalakan Kemerdekaan, Ada 9.453 Pelanggan Tambah Daya Listrik

Diungkapkan Djarot, kedua Proyek Strategis Nasional (PSN) ini ditargetkan selesai pada November 2022 mendatang. Sementara kemajuan pembangunan hingga saat ini telah mencapai 77 persen. Kedua gardu induk ini menggunakan teknologi isolasi gas sulphurhexaflouride (SF6). Sehingga lahan yang digunakan lebih efisien dibandingkan Gardu Induk Konvensional.

Baca Juga :   Banyak Pengemudi Ojol Ingin Beralih ke Motor Listrik

“Melalui teknologi ini, pembangunan gardu induk tidak lagi membutuhkan luasan lahan yang besar. Sehingga efektif untuk diterapkan di kota/daerah padat penduduk. Nantinya, GISTET 500 kV Sukatani akan memiliki kapasitas sebesar 1.000 Mega Volt Ampere (MVA) dengan 2 tower incomer 500 kV sepanjang 3,5 kilometer sirkit (kms). Sedangkan untuk GIS 150 kV akan memiliki kapasitas sebesar 120 MVA dengan tower incomer 150 kV sepanjang 3,44 kms,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO