Pemerintah Akan Tebar Infrastruktur ICT Secara Merata di Indonesia

JagatBisnis.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika terus berupaya menyediakan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology/ICT) yang memadai dan merata di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga ekonomi digital juga bisa tumbuh secara merata, termasuk ke wilayah terjauh dan terpencil.

Hal ini disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam sesi dialog kedua pada hari pertama di Paviliun Indonesia yang bertajuk “Deepening Digital Growth in The New Economic Landscape” di Davos, Swiss, waktu setempat.

“Tanpa infrastruktur ICT yang mumpuni sebagai katalis, ekonomi digital tidak akan tumbuh maksimal. Untuk itu, kami mendukung penyediaan infrastruktur digital dari hulu hingga ke hilir, pengembangan talenta digital, serta regulasi untuk menyokong ekonomi digital,” katanya, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga :   Konten Belajar Menarik, Jawaban Tantangan Belajar dari Rumah

Sementara itu, CEO GoTo Group Andre Soelistyo, yang juga menjadi panelis dalam diskusi tersebut menjelaskan, perkembangan akses dan konektivitas telah menjadi faktor kunci yang menjadikan masyarakat bagian dari ekosistem ekonomi digital. Hal ini dimungkinkan dengan adanya imfrastruktur ICT yang diwujudkan oleh Pemerintah Indonesia dan kebijakan pro-digital di Indonesia. Tak hanya itu, dari sisi akses permodalan dan kemudahan sistem pembayaran juga telah dipermudah bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan juga ekosistem ekonomi digital secara keseluruhan.

Baca Juga :   Ribuan Konten Hoaks Covid, di Takedown

“Bahkan pertumbuhan dalam masa pandemi 2 tahun terakhir ini sangat pesat. Banyak kebijakan yang mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi digital ini. Semua ini merupakan bukti, dukungan kebijakan, infrastruktur, dan semangat kewirausahaan berpadu dengan baik. Ini adalah waktu yang tepat untuk datang dan berinvestasi di sektor ekonomi digital Indonesia,” tegas Andre. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO