Timnas Indonesia Bawa Pulang Medali Perunggu Usai Kalahkan Malaysia

JagatBisnis.com –  Timnas Indonesia U-23 berhasil mengamankan medali perunggu SEA Games 2021 usai menang adu penalti kontra Malaysia.

Bertanding di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (22/5/2022), Marc Klok dan kawan-kawan menang 4-3 dalam ada penalti setelah skor 1-1 bertahan hingga waktu normal.

Perunggu tersebut menjadi medali perunggu kelima untuk Indonesia dari sepak bola putra sepanjang sejarah SEA Games.

Skuad Garuda Muda sejatinya dalam keadaan timpang saat memulai laga kontra Malaysia lantaran tiga pemain yaitu Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto dan Firza Andika harus absen karena mereka mendapat kartu merah pada pertandingan semifinal melawan Thailand.

Baca Juga :   Saddil Ramdani Dipastikan ke SEA Games 2021 Bela Timnas Indonesia U-23

Sementara itu, pemain sayap andalan Garuda Muda Egy Maulana Vikri juga dalam kondisi cedera meski namanya masuk di daftar pemain cadangan Indonesia.

Meski dengan skuad terbatas, Timnas Indonesia berhasil tampil menekan sejak menit pertama laga. Dalam lima menit pertama saja, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong membuat tiga peluang melalui Ronaldo Kwateh, Saddil Ramdani dan Witan Sulaeman yang merepotkan pertahanan Malaysia.

Setelah itu, Malaysia yang tertekan pelan-pelan menemukan ritme permainan. Kondisi tersebut membuat skuad Harimau Malaya menciptakan beberapa peluang yang tak berbuah skor.

Baca Juga :   Indonesia Belum Ada Target Medali di SEA Games Vietnam

Kedudukan seri 0-0 pun bertahan sampai memasuki masa jeda.

Usai turun minum, Malaysia mengambil alih kendali laga dan menciptakan peluang-peluang berbahaya.

Namun, pemain bertahan Indonesia bisa mengantisipasinya dengan baik. Performa kiper Ernando Ari juga apik dengan mengeblok dua tendangan pemain Malaysia.

Meski terkurung, Indonesia akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-68 lewat Ronaldo Kwateh. Ronaldo memanfaatkan dengan baik umpan terobosan dari Marselino Ferdinan, yang baru berusia 17 tahun sama seperti dirinya.

Malaysia yang tidak tinggal diam bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-81 dari sepakan Muhammad Hadi Fayyadh yang masuk ke gawang setelah membentur tubuh Rizky Ridho. Skor imbang 1-1 dan pertandingan berlanjut ke adu penalti.

Baca Juga :   Lolos ke Semifinal, Timnas Indonesia Menanti Lawan di Sea Games 2021

Di babak ini, empat pemain Indonesia yakni Muhammad Ridwan, Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani dan Marc Klok menjalankan tugasnya dengan baik. Hanya Asnawi yang gagal memasukkan bola karena sepakannya membentur mistar gawang.

Sementara Malaysia hanya dapat menghadirkan tiga gol dari lima kesempatan penalti. Sepakan 12 pas Muhammad Hadi Fayyadh dan Luqman Hakim mampu digagalkan Ernando Ari. Gol-gol “Harimau Malaya” datang dari Muhammad Hairey Hakom, Harith Haiqal dan Muhammad Faiz. (pia)

MIXADVERT JASAPRO