Selamat, Anthony Albanese Jabat PM Australia

PM baru Australia, Anthony Albanese

JagatBisnis.com –   Sejumlah pemimpin negara Pasifik menyampaikan ucapan selamat kepada perdana menteri (PM) baru Australia Anthony Albanese atas kemenangannya dalam pemilihan umum.

Mengutip Reuters, Kepulauan Solomon memberi selamat pada Albanese dan mengatakan ‘banyak hal mesti dilakukan’ dalam hubungan bilateral mereka dengan Australia.

Negara tetangganya di Pasifik, Fiji, juga mengucapkan selamat dan menyambut baik kebijakan iklim Partai Buruh, partai di mana Albanese menjadi ketuanya.

Albanese mengatakan dia akan dilantik sebagai PM Australia ke-31 pada Senin (23/5/2022) bersama empat anggota partai senior, meskipun peroleh suara terus dihitung.

Baca Juga :   21 Mei 2022, Australia akan Selenggarakan Pemilu

Sehari kemudian, Selasa (24/5/2022), Albanese akan menghadiri pertemuan puncak Quad di Tokyo, Jepang, bersama Presiden AS Joe Biden dan perdana menteri Jepang dan India.

Penandatanganan pakta pertahanan oleh Kepulauan Solomon dan China menjadi isu besar dalam pemilihan bagi PM Scott Morrison. Para sekutu Barat khawatir perjanjian itu dapat memberi akses bagi militer China ke kawasan Pasifik.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi akan mengunjungi Kepulauan Solomon pekan ini, menurut laporan media.

Dalam pernyataan pada Minggu, PM Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare mengatakan negaranya ‘tetap menjadi sahabat sejati dan mitra pilihan Australia dalam pembangunan’.

Baca Juga :   Kurang Pekerja, Para Eks Tentara di Australia Dikerahkan Bantu Panen

Kepulauan Solomon berterima kasih atas dukungan keuangan, kesehatan, dan keamanan dari Australia selama bertahun-tahun, kata dia.

“Namun, masih banyak yang mesti dilakukan,” katanya menambahkan.

Sogavare telah berkirim pesan kepada Albanese dan ‘meyakinkan dirinya untuk membawa hubungan Kepulauan Solomon dengan Australia ke tingkat yang lebih tinggi selama masa jabatan Albanese’.

PM Fiji Frank Bainimarama mengucapkan selamat kepada Albanese lewat sebuah cuitan.

“Dari sekian banyak janji-janji Anda untuk mendukung Pasifik, tak satu pun yang lebih disambut baik daripada rencana Anda untuk memprioritaskan iklim,” katanya di Twitter.

Baca Juga :   Australia Selidiki Terkait Mantan Pilot Beri Pelajaran Tentara China

PM Selandia Baru Jacinda Ardern juga mengaku telah menelepon Albanese pada Minggu.

Ardern mengatakan kedua negara akan terus bekerja bersama ‘memperdalam kemitraan dengan sahabat-sahabat dekat kami di Pasifik, dan memajukan kepentingan kami di pentas dunia’.

“Australia dan Aotearoa Selandia Baru adalah yang terbaik saat bekerja bersama,” kata dia.

Aotearoa adalah sebutan bagi Selandia Baru dalam Bahasa Maori. (pia)

MIXADVERT JASAPRO