Zimbabwe Ingin Produksi Vaksin dengan Bio Farma

JagatBisnis.com-Pemerintah Zimbabwe mengharapkan kerja sama dengan perusahaan Indonesia di bidang kesehatan, khususnya dalam pembuatan dan distribusi vaksin. Hal itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) I Republik Zimbabwe Jenderal (Purn) Constantino Chiwenga saat mengunjungi perusahaan farmasi Bio Farma, seperti dikutip Minggu (22/5/2022).

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, saat ini kesadaran masyarakat atas kesehatan meningkat secara signifikan, terlebih sejak wabah Covid-19 muncul pada tahun 2020. Sehingga industri kesehatan menjadi leading sector untuk menerangi pandemi karena banyak negara yang menangani kondisi serius ini, termasuk Indonesia.

“Pandemi meninggalkan hikmah bagi kita semua, bahwa kolaborasi benar-benar merupakan kunci untuk memperkuat keamanan kesehatan global,” ungkap Honesti dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (22/5/2022).

Baca Juga :   Lawan Pandemi COVID-19, Sentra Vaksinasi Penting Demi Herd Immunity

Sementara itu,Wapres Zimbabwe Constantino Chiwenga, menambahkan, tujuan kedatangannya ke Bio Farma adalah untuk mencari potensi kerja sama untuk memproduksi vaksin di Zimbabwe. Selain itu, pihaknya juga ingin mempelajari keberhasilan Indonesia dalam pembangunan bidang kesehatan.

Baca Juga :   Sentra Vaksinasi BUMN Tingkatkan Animo Lansia untuk Divaksinasi

“Kami sudah mengetahui Indonesia memiliki kemampuan dalam memproduksi produk obat-obatan khususnya vaksin. Makanya, kami berharap Zimbabwe suatu saat bisa memproduksi vaksin di kemudian hari yang berkolaborasi dengan perusahaan nasional farmasi di Zimbabwe,” papar Constantino.

Baca Juga :   Soal Jatah Vaksin COVID-19, Kemenkes: WHO Prioritaskan Indonesia

Dia berharap, ke depannya akan ada kesepakatan untuk bertukar informasi dan teknologi antara Bio Farma dengan Zimbabwe dalam produksi dan pendistribusian vaksin. Karena posisi Zimbabwe yang strategis yang terletak di pusat bagian selatan benua Afrika, bisa menjadi hub untuk negara-negara di sekitarnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO