Pemindahan Kantor Pemerintah ke IKN Nusantara Ditargetkan Selesai Kuartal II/2024

JagatBisnis.com-Pemerintah menargetkan proses pemindahan kantor-kantor utama pemerintahan pusat dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) rampung pada kuartal II/2024. Proses pembangunan IKN baru akan menarik minat besar dari investor mancanegara.

“Tidak benar jika dikatakan pembangunan IKN minim pendanaan. Karena sejumlah negara sudah berinvestasi untuk IKN, salah satunya Uni Emirat Arab (UEA) yang nilai investasinya mendekati USD20 miliar,” kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Perayaan Dies Natalis ke-60 Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (Gamki), Minggu (22/5/2022).

Menurut dia, investasi yang dulu hanya berpusat di Jawa dan Sumatra, kini tersebar ke berbagai daerah lain, termasuk Kalimantan. Bahkan, saat ini pembangunan Indonesia jauh lebih merata. Banyak industri baru tumbuh di Kalimantan, seperti pembangunan industri energi baru di Kalimantan Utara, serta pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur.

Baca Juga :   Demi Menarik Minat Investor, Bambang-Dhony Sambangi KPK

“Oleh sebab itu, kami menyiapkan IKN baru untuk generasi muda di masa mendatang. Bentuk IKN baru ini juga tak akan kalah dengan pembangunan kota modern Neom di Arab Saudi, Dubai di Uni Emirat Arab, serta Shenzhen di Tiongkok. IKN will be ‘world-class city for all’. Sudah banyak pihak memberi hormat atas konsep kita membangun ibu kota baru,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO