Cegah PMK, Distan Perketat Hewan Ternak Masuk ke Batam

JagatBisnis.com –  Permintaan sapi kurban untuk Idul Adha dari luar daerah ke Batam cukup tinggi. Pengawasan pun diperketat oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam (Distan).

Distan Batam bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan, Provinsi Kepri mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) yang dimungkinkan dibawa hewan ternak dari luar. Mereka mengantisipasi penularan ke hewan ternak lainnya yang ada.

“Hewan-hewan seperti sapi yang masuk ke Batam sudah kami perketat,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam, Mardanis, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga :   Imbas Wabah PMK, Peternak Dibayangi Kerugian Jelang Idul Adha

Ia menjelaskan, saat ini surat rekomendasi pengeluaran hewan ternak sudah dikeluarkan oleh pihaknya. Sebelumnya, surat rekomendasi itu dikeluarkan oleh Balai Karantina Pertanian. “Selama ini tidak ngurus ke dinas, hanya ke karantina,” katanya.

Dengan begitu, surat rekomendasi pengeluaran hewan wajib diurus di Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam.

Di samping itu juga harus ada izin dari daerah asal hewan ternak itu berada. “Saya juga sudah menyuruh anggota dinas saya untuk turun mensosilisasikan ke rumah jagal di Temiang,” katanya.

Baca Juga :   1.024 Hewan Ternak di Aceh Barat Terpapar Wabah PMK

Permintaan sapi jelang Idul Adha juga semakin tinggi, oleh karena itu antisipasi penyebaran PMK memang harus dilakukan. Walaupun virus ini tidak menular ke manusia, namun virus ini sangat mematikan untuk hewan ternak

Penyakit mulut dan kuku baru-baru ini dilaporkan menyerang hewan ternak seperti sapi. Wabah yang pertama kali ditemukan di beberapa daerah di Jawa Timur ini kemudian menjadi kekhawatiran baru di tengah masyarakat.

Baca Juga :   Stok Sapi di Tanjungpinang Mulai Menipis

Hingga saat ini, ribuan ternak di Jawa Timur dilaporkan terjangkit virus tersebut. PMK menyebar dengan cepat dari satu hewan ke hewan lain.

Penularan PMK akan lebih cepat, terutama di iklim yang sejuk dan lembab dan ketika hewan dikandangkan atau ditempatkan berdekatan. (pia)

MIXADVERT JASAPRO