Cegah PMK, 13 Sapi di Pontianak Diperiksa

JagatBisnis.com –  Jelang Idul Adha 1443 Hijriah, Pemkot Pontianak mulai melakukan uji sampel kepada 13 ekor sapi di empat kecamatan. Upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi menularnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi.

“Dari uji sampel tersebut belum ditemukan kasus positif. Masing-masing kecamatan itu, di Selatan delapan ekor, Barat dua ekor, Timur satu ekor dan kota dua ekor. Sampel diambil dari sapi yang ada sejak lahir di Kota Pontianak maupun sapi gemukan dari Pulau Jawa,” kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Kamis, 19 Mei 2022.

Guna mencegah terjadinya penyebaran kepada hewan lainnya, Edi meminta, agar dinas terkait bekerja sama dengan Pemprov Kalbar untuk mengarantina hewan ternaknya.

Baca Juga :   PMK di Aceh Tamiang Bertambah Jadi 3.485 Kasus

“Perlu pengawasan ekstra, karena sudah beberapa kali penyakit ini masuk ke Kalbar. Tentu sudah ada mekanisme penanganan,” ungkapnya.

Baca Juga :   11 Sapi di Kotawaringin Barat Positif PMK

Edi menyebut, meski penyakit ini tidak menular pada manusia, namun dia ingin setiap hewan ternak yang ada di Kota Pontianak tetap dalam keadaan sehat. “Yang penting ternaknya sehat, dicek sumber penyakitnya dari mana,” pungkasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO