Ilmuwan Chili Pertama Kali Temukan Fosil Ichthyosaurus Utuh dalam Kondisi Hamil

JagatBisnis.com –   Para peneliti dari Universitas Magallanes, Chili menemukan sisa-sisa fosil kadal laut purba, ichthyosaurus betina hamil sepanjang empat meter. Ini adalah penemuan pertama fosil ichthyosaurus lengkap di gletser yang mencair jauh di dalam wilayah Patagonia, Chile. Para ilmuwan menghabiskan waktu selama 31 hari dan menggunakan sebuah helikopter untuk mengambil sisa-sisa fosil yang utuh itu.

“Ini adalah satu-satunya ichthyosaurus betina yang hamil dari periode waktu antara 129 dan 139 juta tahun yang lalu. Penggalian ini membantu kami mempelajari lebih lanjut tentang spesies hewan, paleobiologi perkembangan embrio, dan penyakit apa yang mungkin dideritanya selama hidupnya,” kata Judith Pardo, ilmuwan yang menemukan fosil tersebut, dikutip dari laman Thehansindia, Senin (16/5/2022),

Dia menjelaskan, para ilmuwan menamai kadal laut purba yang diawetkan dan hamil itu “Fiona.” Para ilmuwan akan dapat menyelidiki perkembangan embrio pada ichtyosaurus, yang hidup antara 90 dan 250 juta tahun yang lalu dan menjelajahi lautan. Penemuan tersebut menggambarkannya sebagai satu-satunya ichthyosaurus hamil yang telah ditemukan di bumi dari rentang waktu antara 129 dan 139 juta tahun yang lalu.

Baca Juga :   Fosil Dinosaurus Ditemukan di Argentina

“Sebenanrnya, fosil itu ditemukan lebih dari satu dekade lalu oleh Pardo, ahli paleontologi di Pusat Penelitian Antartika GAIA Universitas Magallanes. Tapi karena kondisi suhu ekstrem situs, medan yang keras, dan keterpencilan membuat pencarian menjadi masalah logistic, maka fosil itu harus diangkut dengan helikopter keluar dari situs itu setelah para ilmuwan menghabiskan 31 hari untuk memindahkannya.

Baca Juga :   Temuan Fosil di Kalimantan Jadi Bukti Amputasi Pertama di Dunia

Sementara itu, Pardo mengungkapkan, saat akan mengevakuasi fosil itu para peneliti harus mengekstrak lima balok seberat 200 kilogram untuk menjaga tulang tetap utuh karena fosilnya sangat lengkap. Fosil tersebut saat ini sedang dipersiapkan untuk dipamerkan di Museum Sejarah Alam Rio Seco Chili. Selama upaya tersebut, para ilmuwan menemukan 23 spesimen ichthyosaurus. Sehingga totalnya menjadi sekitar 100 di Gletser Tyndall dan menjadikannya salah satu lokasi ichthyosaurus paling produktif dan terpelihara dengan baik di bumi. (*/esa)

Baca Juga :   Fosil Dinosaurus Ditemukan di Argentina

 

MIXADVERT JASAPRO