Rusia Putus Pasokan Listrik ke Finlandia

JagatBisnis.com-Rusia makin marah dengan negara-negara tetangganya yang dianggap memusuhinya. Salah satunya, dialami Finlandia yang berkeinginan bergabung dengan NATO. Akhirnya, Rusia mengancam mengambil langkah pembalasan dengan memutus pasokan listrik ke negara itu. Kabarnya, pemutusan aliran listrik dilakukan pada Sabtu kemarin (14/5/2022).

Perusahaan energi Rusia yang memasok listrik ke Finlandia, Rao Nordic, mengatakan, pemutusan itu terkait dengan pembayaran untuk pengiriman sebelumnya. Karena hingga Mei tidak menerima pembayaran listrik yang telah dipasok. Namun, Finlandia tidak menjelaskan apa yang melatarbelakangi kesulitan pembayaran tersebut

“Karena ini situasi yang luar biasa dan terjadi untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun sejarah perdagangan kam. Oleh sebab itu, kami berharap situasi ini akan segera membaik dan perdagangan dapat dilanjutkan,” tulis Rao Nordic, dikutip dari, Minggu (15/5/2022).

Baca Juga :   Begini Sikap Resmi Indonesia Terhadap Perang Rusia-Ukraina

Manajer perencanaan operasional Fingrid, operator jaringan listrik Finlandia, Timo Kaukonen, mengungkapkan, pihaknya memastikan tetap bisa bertahan tanpa listrik dari Rusia. Karena hanya kurang dari 10 persen listrik yang dikonsumsi berasal dari Rusia. Untuk itu, pihaknya bisa melakukan lebih banyak lagi impor dari Swedia dan Norwegia.

Baca Juga :   Menlu Rusia Putuskan Tinggalkan KTT G20 Bali Lebih Awal

Langkah Rusia itu akan menambah panjang pemutusan pasokan energi ke negara-negara yang dianggap memusuhinya atau tak sejalan dengan kebijakannya terkait pembayaran energi. Bulan lalu Rusia memotong pasokan gas ke Bulgaria dan Polandia setelah mereka menolak untuk memenuhi permintaan untuk membayar dalam rubel. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO