PLN Siap Sukseskan Ajang Formula E

JagatBisnis.com-PT PLN (Persero) siap memasok listrik hijau ramah lingkungan, bebas polusi udara dan suara untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E . adapun, daya listrik yang dibutuhkan dalam ajang balap mobil listrik tersebut sebesar 7 MVA. Daya itu nantinya akan dipenuhi dari energi bersih yang terjamin dalam produk renewable energy certificate (REC).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan, mengatakan total investasi untuk memenuhi kebutuhan listrik Formula E senilai Rp7 miliar. Dengan REC, dipastikan energi yang digunakan berasal dari pembangkit listrik berbasis energi terbarukan (EBT) yang diaudit oleh sistem tracking internasional, APX TIGRs yang berlokasi di California, Amerika Serikat.

“Dengan begitu, penyelenggara Formula E dapat membuktikan eksistensinya dalam berkontribusi mengurangi emisi karbon dengan menggunakan energi yang berasal dari pembangkit EBT di Indonesia. Hal ini sejalan dengan program Pemprov DKI ‘Jakarta Langit Biru’ untuk mendukung terciptanya udara bersih di Jakarta,” ujarnya, Minggu (15/5/2022).

Baca Juga :   PLN Ajak UMKM Manfaatkan Abu Sisa Pembakaran Batu Bara

Dia menjelaskan, target Jakarta menjadi kota nol emisi pada 2050, dimulai dengan transportasi bebas emisi, berkelanjutan dan sistem transportasi terintegrasi. Apalagi, penyelenggaraan Formula E bertujuan mengkampanyekan udara bersih Jakarta. Oleh karena itu, pihaknya siap mendukung penyelenggaraan Formula E dengan energi ramah lingkungan, bebas polusi dan suara dari produk energi terbarukan.

Baca Juga :   PLN Gandeng KPK Bongkar Tata Kelola Managemen Suap

“Untuk mendukung ajang internasional tersebut, kami telah mempersiapkan saluran kabel tegangan menengah (SKTM) yang telah digelar sepanjang 6,8 kilo meter square (KMS). Pembangunan gardu yang sudah mencapai 80 persen dan direncanakan selesai 100 persen pada 25 Mei 2022. Selain REC, kami juga siap mendukung keandalan pasokan listrik selama penyelenggaraan Formula E dengan menyiapkan pasokan listrik berlapis dengan cadangan dan di-backup UPS,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO