Pesisir Jakarta Waspada Banjir Hingga 19 Mei 2022

JagatBisnis.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperingatkan masyarakat akan potensi banjir pesisir Jakarta pada Minggu (15/5) hingga Kamis (19/5). Hal itu berdasarkan adanya informasi fase bulan purnama menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB).

“Fase Bulan purnama yang terjadi pada periode waktu tersebut juga disertai dengan fenomena perigee atau ketika Bulan berada pada jarak terdekat ke Bumi. Sehingga beberapa wilayah pesisir Jakarta yang berpotensi mengalami banjir pesisir atau banjir rob adalah wilayah Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan wilayah Kepulauan Seribu ,” tulis BPBD dalam akun Twitter resmi @BPBDJakarta, seperti dikutip Minggu (15/5).

Menurut BPBD, pasang air laut maksimum akan terjadi pada pukul 21.00-24.00 selama periode tersebut. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk melakukan pemantauan peringatan dini gelombang pasang di laman resmi BPBD Jakarta. Selain itu, dalam kondisi darurat masyarakat juga dapat menghubungi nomor 112.

Baca Juga :   Jakarta Dilanda Hujan Badai

“Selain peringatan banjir pesisir, kami juga mengeluarkan peringatan dini cuaca wilayah Jabodetabek untuk Minggu (15/5) sore hingga malam masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Peringatan cuaca tersebut berlaku dari pukul 16.50 WIB hingga pukul 19.50 WIB,” kata BPBD dalam akun Twitternya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO